• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN BANK DI KELAS X.2 SMA NEGERI PLUS SUKOWONO KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (270.6Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Rovita Na’imah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penentuan tempat penelitian ini menggunakan metode purposive yaitu tempat penelitian sudah ditentukan dengan sengaja disesuaikan dengan tujuan penelitian yakni di kelas X.2 SMA Negeri Plus Sukowono. Penentuan responden pada penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas X.2 sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data pada penelitian ini antara lain dengan penerapan model SAVI, kegiatan guru selama mengajar, hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model SAVI dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.2 yang ditandai dengan perolehan nilai ulangan harian pada siklus I yaitu 72,72% meningkat menjadi 87,87%. Hal ini berarti telah melebihi target pencapaian kompetensi suatu indikator yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 85%. Keterampilan siswa bersimulasi peran juga mengalami peningkatan dari 84,9% menjadi 96,96%, sehingga kriteria keterampilan simulasi siswa dapat dikatakan sangat baik. Pembelajaran dengan menggunakan model SAVI pada pokok bahasan bank di kelas X.2 SMA Negeri Plus Sukowono Kabupaten Jember merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih dan digunakan oleh guru dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10511
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository