Efisiensi Daya Dorong Kapal Pada Mhd Propulsion Channel Tipe Hall Dengan Tipe Diagonal
Abstract
Teknologi terus berkembang pesat seiring bertambahnya kemajuan zaman.
Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang besar dibidang industri,
transportasi maupun rumah tangga. Banyak peralatan kebutuhan sehari – hari yang
menggunakan bahan bakar fosil untuk pengoperasiannya, salah satu contohnya
pada bidang transportasi khususnya transportasi laut yaitu kapal. Kapal menggukan
bahan bakar solar sebagai penggeraknya, tentu saja suatu saat ketersedian solar
akan menipis mengingat jumlah cadangan minyak bumi terus berkurang. Oleh
sebab itu perlu adanya suatu inovasi baru berupa energi alternatif pengganti bahan
bakar solar. Magnetohidrodinamika (MHD) merupakan salah satu solusi yang
ditawarkan sebagai penggerak kapal menggantikan bahan bakar solar. MHD adalah
ilmu yang memepelajari tentang gerak dinamis dari pengahantar listrik fluida
dengan pengaruh medan magnet disekitarnya. (Agung Prayudi, 2000).
Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan dua tipe channel yaitu tipe
Hall dan tipe Diagonal. Dengan menggunakan kapal prototype berukuran 25cm x
16cm x 6 cm dan channel berukuran 12cm x 2,5cm x 2,5cm serta magnet yang
digunakan adlah magnet Neodymium dengan ukuran 12cm x 2cm x 1 cm. Pengujian
dilakukan dengan mengubah variasi tegangan 22 V, 23 V dan 24 V. Penggunaan
driver mosfet bertujuan untuk mengatur nilai PWM sehingga mampu mengubah
nilai tegangan masukan sesuai yang diinginkan. Alat ukur yang digunakan yaitu
multimeter digital untuk mengukur nilai arus dan tegangan pada channel kapal.
Dari hasil pengujian saat kapal menggunakan channel tipe Hall ketika
tegangan masukan diperbesar maka kapal bergerak dengan kecepatan yang lebih
besar, begitupun arus dan tegangan yang dihasilkan juga meningkat. Sedangkan
saat kapal menggunakan channel tipe Diagonal ketika tegangan masukannya
diperbesar maka kecepatannya juga akan bertambah, begitu juga nilai arus dan
tegangan yang dihasilkan juga besar. Dengan kata lain nilai tegangan masukan berbanding lurus dengan daya dorong dan kecepatan kapal yang dihasilkan. Dari
kedua tipe channel tersebut tipe Hall memiliki kecepatsn yang lebih besar
dibandingkan tipe Diagonal dan juga nilai efisiensi tipe Hall lebih baik
dibandingkan tipe Diagonal.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4097]