Show simple item record

dc.contributor.advisorHARDIANTO, Triwahju
dc.contributor.advisorSETIAWAN, Andi
dc.contributor.authorNUGROHO, Septian Andi
dc.date.accessioned2021-04-01T02:56:33Z
dc.date.available2021-04-01T02:56:33Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103806
dc.description.abstractTeknologi terus berkembang pesat seiring bertambahnya kemajuan zaman. Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang besar dibidang industri, transportasi maupun rumah tangga. Banyak peralatan kebutuhan sehari – hari yang menggunakan bahan bakar fosil untuk pengoperasiannya, salah satu contohnya pada bidang transportasi khususnya transportasi laut yaitu kapal. Kapal menggukan bahan bakar solar sebagai penggeraknya, tentu saja suatu saat ketersedian solar akan menipis mengingat jumlah cadangan minyak bumi terus berkurang. Oleh sebab itu perlu adanya suatu inovasi baru berupa energi alternatif pengganti bahan bakar solar. Magnetohidrodinamika (MHD) merupakan salah satu solusi yang ditawarkan sebagai penggerak kapal menggantikan bahan bakar solar. MHD adalah ilmu yang memepelajari tentang gerak dinamis dari pengahantar listrik fluida dengan pengaruh medan magnet disekitarnya. (Agung Prayudi, 2000). Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan dua tipe channel yaitu tipe Hall dan tipe Diagonal. Dengan menggunakan kapal prototype berukuran 25cm x 16cm x 6 cm dan channel berukuran 12cm x 2,5cm x 2,5cm serta magnet yang digunakan adlah magnet Neodymium dengan ukuran 12cm x 2cm x 1 cm. Pengujian dilakukan dengan mengubah variasi tegangan 22 V, 23 V dan 24 V. Penggunaan driver mosfet bertujuan untuk mengatur nilai PWM sehingga mampu mengubah nilai tegangan masukan sesuai yang diinginkan. Alat ukur yang digunakan yaitu multimeter digital untuk mengukur nilai arus dan tegangan pada channel kapal. Dari hasil pengujian saat kapal menggunakan channel tipe Hall ketika tegangan masukan diperbesar maka kapal bergerak dengan kecepatan yang lebih besar, begitupun arus dan tegangan yang dihasilkan juga meningkat. Sedangkan saat kapal menggunakan channel tipe Diagonal ketika tegangan masukannya diperbesar maka kecepatannya juga akan bertambah, begitu juga nilai arus dan tegangan yang dihasilkan juga besar. Dengan kata lain nilai tegangan masukan berbanding lurus dengan daya dorong dan kecepatan kapal yang dihasilkan. Dari kedua tipe channel tersebut tipe Hall memiliki kecepatsn yang lebih besar dibandingkan tipe Diagonal dan juga nilai efisiensi tipe Hall lebih baik dibandingkan tipe Diagonal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries161910201087;
dc.subjectEfisiensi Daya Dorong Kapalen_US
dc.subjectPropulsion Channel Tipe Hallen_US
dc.subjectTipe Diagonalen_US
dc.titleEfisiensi Daya Dorong Kapal Pada Mhd Propulsion Channel Tipe Hall Dengan Tipe Diagonalen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodi1910201


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record