• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Cendy Eka Erlinawati - 160210102103.pdf (2.811Mb)
    Date
    2020-01-23
    Author
    Eka Erlinawati, CENDY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika adalah kegiatan pembelajaran yang mana didalamnya terdapat aktivitas guru berinteraksi dengan siswa serta membimbing siswa belajar secara efektif dan efisien melalui aktivitas mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan, mengelola, dan mengevaluasi untuk mempelajari proses terjadinya gejala alam yang mencakup materi dan interaksinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM dan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM terhadap penguasaan konsep fisika siswa di SMA. Pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember pada tahun ajaran 2019/2020. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPA SMA Negeri 4 Jember yang terdiri dari tujuh kelas. Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan desain penelitian post test only control group design. Sebelum menentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Hasil uji homogenitas ketujuh kelas diperoleh nilai signifikan sebesar 0,309 (sig > 0,05) yang berarti homogen sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan mean yang signifikan terhadap kelas XII IPA 1 sampai XII IPA 7. Selanjutnya, untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan metode cluster random sampling dengan sistem undian, dan diperoleh kelas XII IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan di sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Nilai keterampilan proses sains diperoleh berdasarkan hasil observasi ketika kegiatan praktikum yang dilaksanakan sebanyak dua kali. Hasil keterampilan proses sains pada setiap pertemuan berbeda-beda, dari pertemuan pertama yang masuk dalam kategori baik ke pertemuan kedua yang termasuk dalam kategori sangat baik. Persentase nilai rata-rata keseluruhan aspek keterampilan proses sains pada pertemuan pertama sebesar 74,89% dan presentase nilai rata-rata keseluruhan aspek keterampilan proses sains pada pertemuan kedua sebesar 93,12%. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai post-test penguasaan konsep pada kelas eksperimen sebesar 86,53 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 68,17. Selanjutnya berdasarkan hasil uji independent sample t test dengan bantuan SPSS 23, diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 sehingga berdasarkan pedoman dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM terhadap penguasaan konsep fisika siswa di SMA. Berdasarkan keseluruhan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika melalui model Project Based Learning berbasis STEM termasuk dalam kriteria baik dan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM terhadap penguasaan konsep fisika siswa di SMA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102743
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository