Show simple item record

dc.contributor.advisorBektiarso, Drs. Singgih M.Pd
dc.contributor.advisorMaryani, Drs. M.Pd
dc.contributor.authorEka Erlinawati, CENDY
dc.date.accessioned2020-12-17T04:25:06Z
dc.date.available2020-12-17T04:25:06Z
dc.date.issued2020-01-23
dc.identifier.nim160210102103
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102743
dc.description.abstractPembelajaran fisika adalah kegiatan pembelajaran yang mana didalamnya terdapat aktivitas guru berinteraksi dengan siswa serta membimbing siswa belajar secara efektif dan efisien melalui aktivitas mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan, mengelola, dan mengevaluasi untuk mempelajari proses terjadinya gejala alam yang mencakup materi dan interaksinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM dan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM terhadap penguasaan konsep fisika siswa di SMA. Pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember pada tahun ajaran 2019/2020. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPA SMA Negeri 4 Jember yang terdiri dari tujuh kelas. Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan desain penelitian post test only control group design. Sebelum menentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Hasil uji homogenitas ketujuh kelas diperoleh nilai signifikan sebesar 0,309 (sig > 0,05) yang berarti homogen sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan mean yang signifikan terhadap kelas XII IPA 1 sampai XII IPA 7. Selanjutnya, untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan metode cluster random sampling dengan sistem undian, dan diperoleh kelas XII IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan di sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Nilai keterampilan proses sains diperoleh berdasarkan hasil observasi ketika kegiatan praktikum yang dilaksanakan sebanyak dua kali. Hasil keterampilan proses sains pada setiap pertemuan berbeda-beda, dari pertemuan pertama yang masuk dalam kategori baik ke pertemuan kedua yang termasuk dalam kategori sangat baik. Persentase nilai rata-rata keseluruhan aspek keterampilan proses sains pada pertemuan pertama sebesar 74,89% dan presentase nilai rata-rata keseluruhan aspek keterampilan proses sains pada pertemuan kedua sebesar 93,12%. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai post-test penguasaan konsep pada kelas eksperimen sebesar 86,53 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 68,17. Selanjutnya berdasarkan hasil uji independent sample t test dengan bantuan SPSS 23, diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 sehingga berdasarkan pedoman dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM terhadap penguasaan konsep fisika siswa di SMA. Berdasarkan keseluruhan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika melalui model Project Based Learning berbasis STEM termasuk dalam kriteria baik dan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM terhadap penguasaan konsep fisika siswa di SMA.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)en_US
dc.subjectBerbasis STEMen_US
dc.subjectKeterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Fisikaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Di SMAen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisika
dc.identifier.kodeprodi0210102


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record