Analisis Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember Tahun Angkatan 2018)
Abstract
Kemajuan dan perkembangan teknologi komunikasi telah menciptakan
internet, yang banyak membantu kehidupan masyarakat pada saat ini.
Perkembangan internet saat ini telah sedikit merubah pola pikir masyarakat dalam
menanggapi masalah, bertindak, lifestyle (gaya hidup), maupun perilaku
masyarakat itu sendiri. Perkembangan teknologi dan internet menuntut
masyarakat untuk lebih mampu memanfaatkan teknologi sesuai fungsinya.
Internet saat ini telah menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian kalangan, terlebih
lagi bagi mahasiswa. Mahasiswa akan memanfaatkan kemajuan teknologi
komunikasi ini untuk mencari lebih banyak informasi yang dibutuhkan pada
aplikasi Shopee misalkan mengenai materi-materi yang berkaitan dengan
perkuliahan sampai dengan pemenuhan kebutuhan, baik kebutuhan berkaitan
dengan perkuliahan maupun kebutuhan pribadi dengan cara pembelian produk
pada aplikasi Shopee.
Sesuai dengan rumusan masalah yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai
dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Pengambilan Keputusan
Pembelian Pada aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan
Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember tahun
angkatan 2018). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode observasi, wawancara, dan
dokumen. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi di
FKIP Universitas Jember tahun angkatan 2018 yang pernah melakukan pembelian
produk pada aplikasi Shopee. Informan pendukung dalam penelitian ini yaitu
pemilik online shop di Kota Jember. Analisis data yang digunakan adalah reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengambilan keputusan pembelian
pada aplikasi Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember tahun angkatan 2018) meliputi
produk, harga, tempat/distribusi, promosi, kepercayaan, kemudahan, dan kualitas
informasi. Produk pada online shop meliputi kualitas produk yang lebih bagus
daripada toko offline, produk yang dijual lebih bervariasi dan lengkap. Untuk
harga pada online shop yang ditawarkan lebih murah daripada offline, dan untuk
tempat/distribusi pada online shop khususnya pada aplikasi Shopee memilih
saluran distribusi yang terpercaya, cepat, dan aman, seperti JNE dan JNT.
Sedangkan untuk promosi pada online shop ditunjukkan oleh adanya promosi
pada produk baru, promosi potongan harga produk, dan promosi biaya ongkir.
Untuk kepercayaan ditunjukkan oleh percaya pada janji aplikasi Shopee,
percaya pada produk yang dijual pada aplikasi Shopee, percaya pada pengiriman
produk yang dilakukan oleh pihak online shop pada aplikasi Shopee, dan akan terus
bertransaksi dengan aplikasi Shopee. Untuk kemudahan ditunjukkan oleh fleksibel,
dan dapat dengan mudah memilih barang-barang yang ingin dibeli. Dan untuk
kualitas informasi ditunjukkan oleh produk yang dijual dan pelayanan yang
diberikan oleh pihak shopee dalam merespon complain yang dilakukan oleh pihak
konsumen, serta memiliki preferensi utama pada produk berkaitan dengan
testimony konsumen lain yang sudah melakukan pembelian.
Adapun saran yang dapat penulis berikan dalam penelitian ini yaitu bagi
pihak online shoppada aplikasi Shopee, hendaknya untuk lebih
menganekaragamkan produk yang dijual, serta untuk sering memberikan
potongan harga dan bebas ongkir. Bagi pihak ekspedisi, untuk terus
mempertahankan kinerja dalam pengiriman agar barang dapat dengan sampai
secara tepat waktu. Dan bagi konsumen, untuk membaca deskripsi barang yang
dijual online pada aplikasi Shopee secara teliti.