Show simple item record

dc.contributor.advisorWIDODO, . Joko
dc.contributor.advisorWAHYUNI, Sri
dc.contributor.authorADITAMA, Happy Putra
dc.date.accessioned2020-11-02T02:56:00Z
dc.date.available2020-11-02T02:56:00Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101496
dc.description.abstractKemajuan dan perkembangan teknologi komunikasi telah menciptakan internet, yang banyak membantu kehidupan masyarakat pada saat ini. Perkembangan internet saat ini telah sedikit merubah pola pikir masyarakat dalam menanggapi masalah, bertindak, lifestyle (gaya hidup), maupun perilaku masyarakat itu sendiri. Perkembangan teknologi dan internet menuntut masyarakat untuk lebih mampu memanfaatkan teknologi sesuai fungsinya. Internet saat ini telah menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian kalangan, terlebih lagi bagi mahasiswa. Mahasiswa akan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi ini untuk mencari lebih banyak informasi yang dibutuhkan pada aplikasi Shopee misalkan mengenai materi-materi yang berkaitan dengan perkuliahan sampai dengan pemenuhan kebutuhan, baik kebutuhan berkaitan dengan perkuliahan maupun kebutuhan pribadi dengan cara pembelian produk pada aplikasi Shopee. Sesuai dengan rumusan masalah yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Pengambilan Keputusan Pembelian Pada aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember tahun angkatan 2018). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode observasi, wawancara, dan dokumen. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi di FKIP Universitas Jember tahun angkatan 2018 yang pernah melakukan pembelian produk pada aplikasi Shopee. Informan pendukung dalam penelitian ini yaitu pemilik online shop di Kota Jember. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengambilan keputusan pembelian pada aplikasi Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember tahun angkatan 2018) meliputi produk, harga, tempat/distribusi, promosi, kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi. Produk pada online shop meliputi kualitas produk yang lebih bagus daripada toko offline, produk yang dijual lebih bervariasi dan lengkap. Untuk harga pada online shop yang ditawarkan lebih murah daripada offline, dan untuk tempat/distribusi pada online shop khususnya pada aplikasi Shopee memilih saluran distribusi yang terpercaya, cepat, dan aman, seperti JNE dan JNT. Sedangkan untuk promosi pada online shop ditunjukkan oleh adanya promosi pada produk baru, promosi potongan harga produk, dan promosi biaya ongkir. Untuk kepercayaan ditunjukkan oleh percaya pada janji aplikasi Shopee, percaya pada produk yang dijual pada aplikasi Shopee, percaya pada pengiriman produk yang dilakukan oleh pihak online shop pada aplikasi Shopee, dan akan terus bertransaksi dengan aplikasi Shopee. Untuk kemudahan ditunjukkan oleh fleksibel, dan dapat dengan mudah memilih barang-barang yang ingin dibeli. Dan untuk kualitas informasi ditunjukkan oleh produk yang dijual dan pelayanan yang diberikan oleh pihak shopee dalam merespon complain yang dilakukan oleh pihak konsumen, serta memiliki preferensi utama pada produk berkaitan dengan testimony konsumen lain yang sudah melakukan pembelian. Adapun saran yang dapat penulis berikan dalam penelitian ini yaitu bagi pihak online shoppada aplikasi Shopee, hendaknya untuk lebih menganekaragamkan produk yang dijual, serta untuk sering memberikan potongan harga dan bebas ongkir. Bagi pihak ekspedisi, untuk terus mempertahankan kinerja dalam pengiriman agar barang dapat dengan sampai secara tepat waktu. Dan bagi konsumen, untuk membaca deskripsi barang yang dijual online pada aplikasi Shopee secara teliti.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150210301032;
dc.subjectPengambilan Keputusanen_US
dc.subjectPembelian Produken_US
dc.subjectAplikasi Shopeeen_US
dc.titleAnalisis Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember Tahun Angkatan 2018)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record