Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Membeli Ulang Produk Rokok Sampoerna A Mild (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh parsial dan
simultan bauran promosi (periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan
penjualan pribadi) terhadap keputusan pembelian ulanag rokok Sampoerna A-Mild
dan mengetahui variabel bauran promosi yang memiliki pengaruh paling dominan
terhadap keputusan pembelian ulang rokok Sampoerna A-Mild.
Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa FISIP Universitas Jember. Model
penelitian adalah dengan penelitian lapangan (field research). Metode penelitian lain
yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kepustakaan (library research)
yang dilaksanakan dengan membaca buku-buku yang berhubungan dengan masalah
yang diteliti serta hasil penelitian lainnya yang dapat menunjang penelitian ini.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, dan
uji t. Regresi berganda digunakan untuk menggambarkan model hubungan antara
variabel bebas dan variabel terikat. Uji F sering disebut uji simultan, yang digunakan
untuk menguji apakah variabel independen yang digunakan dalam model mampu
menjelaskan perubahan nilai variabel dependen atau tidak. Uji t digunakan untuk
mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen yang terdiri dari
periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan penjualan pribadi terhadap
keputusan pembelian ulang rokok Sampoerna A-Mild.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran promosi memiliki pengaruh
yang signifikan hal ini didasarkan pada besarnya nilai F
vii
hitung
= 6.133 > F
= 3.48,
sementara secara parsial nilai -T
hitung
(x
1,
-4.287) (x
2,
-3.764) (x
3,
-2.841) (x
-4.349)
< -T
, (-2.045) sehingga bauran promosi berpengaruh terhadap keputusan
pembelian ulang rokok Sampoerna A-Mild, sementara penjualan pribadi
Tabel
tabel
4,
memrupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian
ulang rokok Sampoerna A-Mild yaitu (0.905).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bauran promosi berpengaruh signifikan erhadap keputusan pembelian ulang baik secara parsial atau simultan.