Analisis Efisiensi Usaha dan Evaluasi Strategi Pemasaran Agroindustri Suwar-Suwir Tanpa Merk (Studi Kasus Pada UD.Mutiara Rasa di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember
Abstract
Agroindustri merupakan suatu kegiatan industri yang memanfaatkan
produk primer hasil pertanian sebagai bahan bakunya untuk diolah sedemikian
rupa sehingga menjadi produk baru baik bersifat setengah jadi yang dapat
dikonsumsi. Salah satu komoditas Pertanian yang banyak digunakan sebagai
bahan baku agroindustri adalah ubi kayu. Ubi kayu digunakan sebagai bahan baku
pembuatan makanan. Makanan yang dapat diolah dari ubi kayu salah satunya
adalah suwar-suwir. Suwar-suwir merupakan makanan oleh-oleh khas Kabupaten
Jember. Salah satu Agroindustri yang menjadi tempat pengolahan suwar-suwir di
Kabupaten Jember adalah agroindustri UD.Mutiara Rasa. Agroindustri
UD.Mutiara Rasa menjual produk suwar-suwir tanpa merk dan kemasan. Hal
tersebut dilakukan di tengah persaingan agroindustri lain yang semakin
berkembang. Berdasarkan hal tersebut penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1)
Pendapatan agroindustri UD.Mutiara Rasa , (2) Efisiensi usaha agroindustri
UD.Mutiara Rasa, (3) Evaluasi strategi pemasaran agroindustri UD.Mutiara Rasa.
Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja di UD.Mutiaara
Rasa Kabupaten Jember. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan
Purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode
wawancara, observasi, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan pada
penelitian ini adalah analitik dan deskriptif. Rumusan masalah pertama
pendapatan agroindustri dianalisis menggunakan analisis pendapatan TR-TC,
rumusan masalah kedua efisiensi usaha agroindustri dianalisis menggunakan R/C
Ratio, rumusan masalah ketiga dianalisis menggunakan bauran pemasaran 4P.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : (1) Agroindustri suwar-suwir
UD.Mutiara Rasa menunjukkan pendapatan yang menguntungkan, (2)
Agroindustri suwar-suwir UD.Mutiara Rasa efisien untuk diusahakan berdasarkan
viii
nilan R/C Ratio yang menunjukkan hasil > 1, dan (3) Evaluasi strategi bauran
pemasaran 4P berdasarkan kriteria (a) Produk menunjukkan bahwa produk suwarsuwir
yang dimiliki agroindustri UD.Mutiara Rasa memiliki keunggulan secara
kualitas dan kuantitas yang diminati konsumen, (b) Tempat menunjukkan bahwa
penjualan harus ditingkatkan pula pada konsumen primer, (c) Harga yaitu
menentukan harga yang beragam sesuai kualitas dan kuantitas suwar-suwir, (d)
menggunakan promosi direct selling dan sales promotion.