Show simple item record

dc.contributor.advisorKuntadi, Ebban Bagus
dc.contributor.authorNURJANAH, Siti
dc.date.accessioned2020-08-16T14:53:34Z
dc.date.available2020-08-16T14:53:34Z
dc.date.issued2019-07-26
dc.identifier.nimNIM 151510601148
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100559
dc.description.abstractAgroindustri merupakan suatu kegiatan industri yang memanfaatkan produk primer hasil pertanian sebagai bahan bakunya untuk diolah sedemikian rupa sehingga menjadi produk baru baik bersifat setengah jadi yang dapat dikonsumsi. Salah satu komoditas Pertanian yang banyak digunakan sebagai bahan baku agroindustri adalah ubi kayu. Ubi kayu digunakan sebagai bahan baku pembuatan makanan. Makanan yang dapat diolah dari ubi kayu salah satunya adalah suwar-suwir. Suwar-suwir merupakan makanan oleh-oleh khas Kabupaten Jember. Salah satu Agroindustri yang menjadi tempat pengolahan suwar-suwir di Kabupaten Jember adalah agroindustri UD.Mutiara Rasa. Agroindustri UD.Mutiara Rasa menjual produk suwar-suwir tanpa merk dan kemasan. Hal tersebut dilakukan di tengah persaingan agroindustri lain yang semakin berkembang. Berdasarkan hal tersebut penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) Pendapatan agroindustri UD.Mutiara Rasa , (2) Efisiensi usaha agroindustri UD.Mutiara Rasa, (3) Evaluasi strategi pemasaran agroindustri UD.Mutiara Rasa. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja di UD.Mutiaara Rasa Kabupaten Jember. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analitik dan deskriptif. Rumusan masalah pertama pendapatan agroindustri dianalisis menggunakan analisis pendapatan TR-TC, rumusan masalah kedua efisiensi usaha agroindustri dianalisis menggunakan R/C Ratio, rumusan masalah ketiga dianalisis menggunakan bauran pemasaran 4P. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : (1) Agroindustri suwar-suwir UD.Mutiara Rasa menunjukkan pendapatan yang menguntungkan, (2) Agroindustri suwar-suwir UD.Mutiara Rasa efisien untuk diusahakan berdasarkan viii nilan R/C Ratio yang menunjukkan hasil > 1, dan (3) Evaluasi strategi bauran pemasaran 4P berdasarkan kriteria (a) Produk menunjukkan bahwa produk suwarsuwir yang dimiliki agroindustri UD.Mutiara Rasa memiliki keunggulan secara kualitas dan kuantitas yang diminati konsumen, (b) Tempat menunjukkan bahwa penjualan harus ditingkatkan pula pada konsumen primer, (c) Harga yaitu menentukan harga yang beragam sesuai kualitas dan kuantitas suwar-suwir, (d) menggunakan promosi direct selling dan sales promotion.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Ekonomi Dan Bisnisen_US
dc.subjectAgroindustrien_US
dc.subjectSuwar-Suwiren_US
dc.titleAnalisis Efisiensi Usaha dan Evaluasi Strategi Pemasaran Agroindustri Suwar-Suwir Tanpa Merk (Studi Kasus Pada UD.Mutiara Rasa di Kecamatan Ajung Kabupaten Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiAgribisnis
dc.identifier.kodeprodi1510601


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record