Browsing by Subject "Model Pembelajaran"
Now showing items 1-20 of 50
-
Analisis Model Pembelajaran Sentra Seni untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok A2 di TK Arni Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021
(Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 2021, 2021-01-28)Analisis Model Pembelajaran Sentra Seni Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok A2 di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021, Ahyu latif Riski, 160210205098; 2016; 88 halaman; program ... -
Budayakan Pembelajaran Sains Berbasis Model Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21-6C
(Kanjuruhan Press, 2022-06)Keterampilan abad 21 adalah keterampilan baru yang dibutuhkan agar berhasil pada proses pendidikan maupun berhasil di dunia kerja (Suto dan Helen, 2014). Dikatakan juga bahwa keterampilan abad 21 dibutuhkan karena banyak ... -
Efektivitas model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based instruction) dengan menggunakan teknik diskusi panel terhadap hasil belajar biologi siswa (pokok bahasan sistem ekskresi pada manusia kelas VIII semester II SMPN 1 Kalisat tahun ajaran 2005/2006)
(2016-01-08)Model Pembelajaran merupakan salah sate faktor yang dapat mempengaruhi basil belajar, model pembelajaran yang masih didominasi oleh guru hams diubah dengan cara menggiring peserta didik mencari ilmunya sendiri. Siswa hams ... -
Hubungan Antara Berpikir Kritis Dan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Biologi Dengan Penerapan Model Pembelajaran Rwrs
(Jurnal Pendidikan IPA Lentera Sains, 2020-11-01)Pembelajaran daring bukan suatu alasan untuk para pendidik tidak menggunakan suatu model pembelajaran. Model pembelajaran diterapkan dengan tujuan untuk melatih kemampuan berpikir salah satunya adalah keterampilan berpikir ... -
Integrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia di SMP
(2018)Proses pembelajaran IPA di SMP sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting ... -
Kemampuan Mahasiswa PPL dalam Penerapan Model Pembelajaran dan Tingkat Ketepatannya dalam Implementasi serta Hubungannya dengan Capaian Hasil Belajar Biologi (SMA Negeri di Kota Jember)
(2013-12-27)Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan syarat perkembangan. Oleh karena itu, perubahan dan perkembangan pendidikan adalah hal yang memang seharusnya terjadi sejalan dengan ... -
Penerapan Evaluasi Model Kirkpatrick terhadap Hasil dan Dampak pada Program Kursus Hantaran yang diselenggarakan LKP Parcelia Jember
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-04)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan evaluasi model Kirkpatrick pada program kursus hantaran yang diselenggarakan oleh LKP Parcelia Jember. Evaluasi model Kirkpatrick yang ... -
Penerapan Model Pembelajaran ARIAS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2019-07-01)Berdasarkan hasil wawancara dan observasi hari Senin dan Selasa, tanggal 20-21 November 2017 di SDN Bintoro 01 Jember, pada pembelajaran matematika menjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Menurut ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITASDAN DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 4 MAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016
(UNEJ, 2016)Pembelajaran sejarah dapat dikatakan baik apabila memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan potensi. Pembelajaran sejarah di MAN 1 Jember telah menerapkan metode yang cukup inovatif, 40% metode ceramah, 20% ... -
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Pada Siswa Kelas IV SDN Jatisari 02 Jember
(2015-11-30)IPS merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa agar peka terhadap masalah-masalah sosial. Pada kenyataannya, kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Jatisari 02 ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS)UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA POKOK BAHASAN ENERGI DI SDN TANGSIL KULON 02 BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2014/2015
(2015-11-30)IPA merupakan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis untuk menguasai pengetahuan, fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip, proses penemuan, dan memiliki sikap ilmiah. Belajar IPA bukan hanya sekedar menghafal ... -
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di Sdn Kepatihan 03 Jember
(2019-07-05)Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 memuat penilaian dalam aspek ranah afektif, kognitif, dan psikomotor. Guru kelas IV SDN Kepatihan 03 Jember sudah menerapkan pendekatan saintifik dengan metode tanya jawab ... -
Penerapan Model Pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (Ropes) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVb Tema Daerah Tempat Tinggalku SDN Sumbersari 01 Jember
(2018-05-28)Penerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran di kelas IVB SDN Sumbersari 01 masih belum optimal pada tahap mengamati, menalar dan mengumpulkan informasi serta penggunaan media dan model pembelajaran kurang ... -
Penerapan Model Pembelajaran Self Directed Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Ips 2 Man 1 Jember Tahun Ajaran 2017/2018
(2019-04-11)Pembelajaran sejarah memiliki tujuan penting yang harus dicapai, antara lain: (1) materi pelajaran sejarah harus mampu mengembangkan integritas dan jati diri peserta didik; (2) adanya rangsangan-rangsangan baik untuk dapat ... -
Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD NU Kradenan Kabupaten Banyuwangi pada Tema 2 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-19)Penelitian dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar kelas III SD NU Kradenan Kabupaten Banyuwangi pada Tema 2 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan, dilatarbelakangi ... -
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X.3 SMA NEGERI 1 CLURING BANYUWANGI
(2017-01-18)Temuan fakta ketika dilakukan observasi di kelas X-3 SMA Negeri 1 Cluring Banyuwangi nilai siswa pada mata pelajaran biologi terdapat 73% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan maksimal yang ditetapkan yaitu 75. Hal ... -
Pengaruh Diagram V dalam Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020-02-28)Paradigma pendidikan nasional abad 21 mengarahkan peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Melalui pendidikan, peserta didik disiapkan untuk menjadi individu yang memiliki kompetensi untuk ... -
Pengaruh Model Quantum TeachingTerhadap Hasil Belajar SiswaTema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-12-23)Penelitian ini yakni untuk mengetahui Adakah pengaruh model Quantum teaching terhadap Hasil Belajar siswa tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian adalah kuantitatif, metode penelitian ... -
Pengaruh Model Collaborative Creativity (CC) Berbasis Daring & Luring Terhadap Kemampuan Kolaboratif Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa
(Repository UNEJ, 2022-07-26)Penelitian ini bermula dari rendahnya kemampuan kolaboratif ilmiah dah hasil belajar siswa diakibatkan oleh penggunaan model pembelajaran yang masih monoton dan konvensional. Tujuannya untuk mengkaji adanya pengaruh ... -
Pengaruh Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa pada Materi Dinamika Gerak Lurus di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-01-10)Pada abad 21 saat ini, pembelajaran yang awalnya teacher centered, beralih menjadi student centered yang menuntut siswa untuk terlibat aktif. Hasil belajar fisika siswa berada pada kategori pencapaian rendah. Rendahnya ...