Hubungan Antara Berpikir Kritis Dan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Biologi Dengan Penerapan Model Pembelajaran Rwrs
Date
2020-11-01Author
SISWATI, Bea Hana
HARIYADI, Slamet Hariyadi
COREBIMA, Aloysius Duran
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran daring bukan suatu alasan untuk para pendidik tidak menggunakan suatu model
pembelajaran. Model pembelajaran diterapkan dengan tujuan untuk melatih kemampuan
berpikir salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif.
Keterampilan abad 21 perlu dibelajarkan kepada peserta didik termasuk juga kepada
mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah hubungan antara keterampilan
berpikir kritis dan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan
biologi. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian korelasional yang melibatkan 64
mahasiswa semester 2. Data penelitian diambil menggunakan instrumen rubrik keterampilan
berpikir kritis dan keterampilan metakognitif. Data yang didapatkan dianalisis dengan bantuan
software aplikasi SPSS 23. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan positif antara
keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar mahasiswa
dengan nilai signifikansi 0,001. Besar sumbangan relative keterampilan berpikir kritis dan
keterampilan metakognitif dengan hasil belajar sebesar 21,5%. Besar sumbangan efektif
keterampilan berpikir kritis 3,5% dan sumbangan efektif keterampilan metakognitif 18%
terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi. Adanya hubungan yang signifikan ini maka
disarankan untuk para pendidik khususnya dosen mempertimbangan model RWRS agar
diterapkan di pembelajaran agar mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis,
keterampilan metakognitif dan hasil belajar mahasiswa
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7302]