Browsing by Title
Now showing items 62652-62671 of 88147
-
Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Send A-Problem Berbasis Brain-Based Learning (BBL)Untuk Pembelajaran IPA SMP di Wilayah Agroekosistem
(2019-05-08)Model penelitian pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model penelitian pengembangan 4-D dengan tiga tahapan saja yang dilakukan, meliputi tahap Define, Design, dan Develop. Tahap define terdiri atas ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Talking Chips berbasis Brain- Based Learning (BBL) untuk Pembelajaran IPA SMP di Wilayah Agroekosistem
(2019-04-23)Proses pengembangan model pembelajaran kolaboratif Talking Chips berbasis BBL ini menggunakan desain penelitian 4D, namun hanya 3 tahap saja yang digunakan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERSTANDAR NCTM DENGAN NUANSA COGNITIVE LOAD THEORY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
(2017-01-17)Materi matematika merupakan salah satu mata pelajaran momok bagi siswa khususnya siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Latar belakang kognitif dan motivasi siswa masuk pada SMK menyebabkan mereka kesulitan dalam belajar matematika. ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT DENGAN EXEMPLAR PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR
(FKIP'14, 2015-08-31)Kemampuan pemecahan masalah merupakan sebuah kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan masalah meliputi kemampuan yang menyeluruh dari segala aspek baik aspek pengetahuan, sikap ataupun ketrampilan. Akan tetapi ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT DENGAN EXEMPLAR PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR
(FKIP'13, 2014-06-30)Akar masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan bahwa pembelajaran di sekolah dasar yang terjadi selama ini kurang memfasilitasi karakteristik siswa. Pembelajaran kurang menekankan pada melatih siswa mengonstruksi ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Luar Kelas (Outdoor Mathematics) Dengan Pendekatan Realistik Berorientasi Pakem Di Sekolah Dasar
(FKIP'10, 2013-12-06)Pembelajaran matematika di SD secara umum masih berjalan secara konvensional, di mana Guru selalu melaksanakan pembelajaran hanya di dalam kelas dan selalu mendominasi proses pembelajaran. Hal ini berakibat negatif pada ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Luar Kelas (Outdoor Mathematics) Dengan Pendekatan Realistik Berorientasi Pakem Di Sekolah Dasar
(FKIP, 2013-09-24)Salah satu ciri pembelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD) adalah penggunaan model pembelajaran yang hanya berpusat pada Guru dan tempat belajar hanya di dalam kelas. Hal ini menyebabkan siswa sering merasa bosan belajar ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERINTEGRASI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS LINGKUNGAN LUAR KELAS PADA TOPIK KESEBANGUNAN BAGI SISWA SMP UNTUK MENUNJANG PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TIM PENELITI: Ketua: Drs. Didik Sugeng Pambudi, M.S NIDN. 0003116803 Anggota: Prof. Dr. Sunardi, M.Pd NIDN. 0001055408 Dibiayai oleh DIPA Direktorat Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan TA 2015 Nomor DIPA: 023.04.1.673453/2015 Tanggal : 14 November 2014 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER NOVEMBER 2015 Bidang Pendidikan
(FKIP - 2015, 2016-06-03)Penelitian Pengembangan (Research and Development) ini direncanakan dilaksanakan selama 2 tahun (2015 dan 2016). Metode yang digunakan adalah model Penelitian Pengembangan dari Plomp yang dimodifikasi menjadi (1) fase ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Berbasis Kehidupan Masyarakat JAWARA (Jawa dan Madura) di Kabupaten Jember
(Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 4 No. 2, Maret 2016 hlm 79-84, 2016-03-01)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran inovatif yang dapat menumbuhkan dan melestarikan budaya melalui pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku siswa dan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Meaningful Investigation Laboratory (MIL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan R-VGM pada Pembelajaran Fisika Di SMA
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2020-03)Tuntutan inovasi pembelajaran abad 21 semakin berkembang sebagai akibat dari kemajuan bidang ilmu pengetahuan, dan teknologi. Inovasi pembelajaran fisika diperlukan salah satunya dengan mengembangkan model pembelajaran ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Mengembangkan Multiple Intelligences Kelompok B DI Paud Terpadu Al-Furqan Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2019/2020
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2020-01-22)Kecerdasan jamak atau multiple intelligences merupakan suatu kecerdasan yang terdiri dari berbagai macam kecerdasan yang dimiliki oleh setiap orang, di mana kecerdasan tersebut digunakan dalam memecahkan masalah ... -
Pengembangan Model Pembelajaran NODAR (Numbering, Observing, Discussing, Answering, Repetition) Berbasis Pendekatan BBL (Brain-Based Learning) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Retensi dan Hasil Belajar Siswa di Wilayah Pesisir
(2019-06-08)Wilayah Indonesia merupakan wilayah taut yang luas dan memiliki potensi sumber daya pesisir yang besar. Kenyataanya, sebagian besar masyarakat pesisir berpendapatan rendah yang mengakibatkan rendahnya kesejahteraan masyarakat ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Odc (Observing, Doing, and Communicating) Untuk Pembelajaran Ipa Di Smp/Mts
(2019-04-04)Salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi siswa sehingga pembelajaran berhasil baik yaitu dapat dilakukan melalui mengembangkan model pembelajaran. Model pembelajaran yang dikembangkan didesain mampu meningkatkan ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ORISINAL (ORIENTASI-INSTRUKSIONAL) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK
(2017-01-13)Dari hasil observasi didapatkan bahwa pada umumnya siswa tidak siap saat mengikuti pelajaran di kelas sehingga cenderung tidak memiliki pengetahuan awal yang cukup terkait suatu konsep materi IPA khusunya fisika yang akan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan Takrir terhadap Efektivitas Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa (Madrasah Tsanawiyah) MTs
(2017-10-28)Dari hasil observasi didapatkan bahwa pada umumnya siswa tidak siap saat mengikuti pelajaran di kelas sehingga cenderung tidak memiliki pengetahuan awal yang cukup terkait suatu konsep materi IPA khusunya system klasifikasi ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PDC (PREPARING, DOING, CONCLUDDING) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
(2016-11-16)Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa pengembangan pedoman model pembelajaran PDC yang berisikan deskripsi ketujuh karakteristik model oleh validator ahli dinilai valid. Hasil validasi logis dari 2 dosen ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PDC (PREPARING, DOING, CONCLUDDING) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
(2017-03-23)Hakekat IPA sebagai proses dan produk maka siswa perlu untuk memperoleh pengetahuan baru yang bisa didapatkan dari bacaan, sehingga siswa akan mempunyai pengetahuan awal sebagai bekal untuk menerima materi yang diajarkan ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PEIK(Prediksi, Eksperimen,Inferensi,Komunikasi) UNTUK PEMBELAJARAN IPA di SMP
(2017-08-04)Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yang dilaksanakan di SMP Darul Hikmah pada bulan November-Oktober semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan subjek 29 orang siswa. Desain Penelitian ini ... -
Pengembangan Model Pembelajaran PIACCE untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-20)Pembaharuan proses pembelajaran pada kurikulum 2013 terletak pada pembelajaran yang menekankan pada dimensi pedagogik modern, yaitu menggunakan scientific approach, pada kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 yang dituntut ...