Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Berbasis Kehidupan Masyarakat JAWARA (Jawa dan Madura) di Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran inovatif
yang dapat menumbuhkan dan melestarikan budaya melalui pembelajaran matematika.
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku siswa dan LKS mata pelajaran
Matematika kelas VII yang dikaitkan dengan budaya masyarakat Jawa Dan Madura yang ada
di kabupaten Jember. Penelitian pengembangan ini direncanakan berlangsung dalam tiga
tahap. Pertama, kajian teori dan analisis kebutuhan. Kedua, perumusan perangkat
pembelajaran sesuai dengan hasil analisis kebutuhan. Ketiga, uji coba perangkat dan
eksperimen. Pada penelitian ini model yang digunakan adalah model pengembangan
ADDIE, yang terbagi dalam 5 fase, yaitu: 1) Fase Analisis, 2) Fase Desain, 3) Fase
Development, 4) Fase Implementasi 5
) Fase Evaluasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas
VII SMP sebanyak 3 orang. Produk pada penelitian ini yaitu buku siswa yang berbasis
budaya Jawa dan Madura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tes belajar siswa materi
keluarga segi empat berdasarkan budaya Jawa dan Madura, baik, dengan rerata 83,33. Dapat
disimpulkan bahwa buku siswa kelas VII SMP berbasis budaya Jawa dan Madura pada
materi segiempat efektif digunakan untuk pembelajaran.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]