Browsing by Title
Now showing items 58116-58135 of 87991
-
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE SURVAI TERHADAP HASIL BELAJAR (pada sub konsep metode ilmiah siswa kelas I semester 1 di SMA negeri rambipuji tahun pelajaran 2004/2005)
(2016-06-13)Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan metode survai dan pembelajaran konvensional (metode ceramah) pada ketiga aspek hasil belajar tersebut. Nilai rata-rata ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Daerah Tempat Tinggalku di Sdn Sumbersari 01 Jember
(2019-07-02)Penerapan kurikulum 2013 menuntut guru untuk lebih aktif dan menguasai banyak hal, dari segi penyampaian materi seperti penerapan model, alat peraga dan media pembelajaran. Hasil observasi dan wawancara dengan siswa dan ... -
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERMASALAHAN SOSIAL DI SDN KEBONSARI 04 JEMBER
(UNEJ, 2016)Contextual teaching and learning merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA di SDN Jember Kidul 04 Tahun Pelajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Pembelajaran IPA akan lebih mudah dipahami apabila pengetahuan ditemukan sendiri oleh siswa dengan melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Pendekatan Keterampilan Proses merupakan salah satu pendekatan ... -
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA DI SDN JEMBER KIDUL 04 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2016-08-18)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 sejak tanggal 25 januari sampai tanggal 13 Februari 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN di Sumbermulyo II Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2014/2015
(2015-11-30)Pendidikan merupakan tumpuan harapan bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Melalui pendidikan manusia dapat menemukan hal-hal baru yang dapat dikembangkan dan diperoleh untuk menghadapi tantangan yang ada ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Volume Balok dan Kubus pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 1 Jember
(2019-10-08)Dalam menerapkan PMR pada pembelajaran matematika pokok bahasan volume balok dan kubus yang perlu diperhatikan adalah waktu pembelajaran, guru harus pandai mengatur waktu, karena banyak kegiatan kelompok dalam ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Pkn Pokok Bahasan Pengaruh Globalisasi di SDN Tegal Gede 01 Jember
(2015-11-30)Proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik apabila guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar, dapat meningkatkan potensi intelektual ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa
(UNEJ, 2015)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Yosorati 02 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa kelas V yang diajar dengan pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama memperoleh ... -
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEPUTUSAN BERSAMA DI SDN YOSORATI 02 JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015
(2016-01-08)Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) memerlukan kesiapan sumber daya manusia yang berkualitas. Proses pendidikan diharapkan mampu mengembangkan sumber daya manusia yang berkarakter dan mampu menghadapi ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Ekosistem
(UNEJ, 2015)Abstrak Guru sebaiknya memilih pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa lebih berperan aktif membangun suatu konsep menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, prinsip yang ditemukan. ... -
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA EKOSISTEM DI SDN AJUNG 03 JEMBER
(2015-11-30)Proses pembelajaran perlu memilih pendekatan pembelajaran yang dapat aktif membangun suatu konsep, prinsip melalui tahapan-tahapan pembelajaran yang dimiliki pendekatan saintifik meliputi mengamati merumuskan masalah, ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Kebonsari 04 Jember
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020, 2019-01-15)Penerapan proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Langkah-langkah proses pembelajaran dalam pendekatan saintifik meliputi proses mengamati, menanya, mengumpulkan ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Tema Pengalamanku Di Sdn Sumbersari 01 Jember
(2018-12-01)Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach). Pendekatan ilmiah pada proses pembelajaran memiliki langkah-langkah mengamati, ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Tema Pengalamanku Di SDN Sumbersari 01 Jember
(2018-07-31)Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach). Pendekatan ilmiah pada proses pembelajaran memiliki langkah-langkah mengamati, ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kebonsari 04 Jember
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER, 2020)Penerapan proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Langkah-langkah proses pembelajaran dalam pendekatan saintifik meliputi proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V di SDN Wonorejo 06 Kabupaten Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-22)Siswa kesulitan untuk aktif dan berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas, sehingga hasil belajar siswa kurang dari KKM. Selain itu, siswa kesulitan dalam membedakan antara bangun ruang kubus dan balok ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V di SDN Patrang 01 Jember Tahun Ajaran 2014/2015
(2015-11-30)Pembaharuan dalam bidang pendidikan bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Salah satunya adalah pembaharuan pada pendekatan pembelajaran. Pendekatan memerlukan perubahan paradigma pembelajaran, ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V di SDN Patrang 01 Jember Tahun Ajaran 2014/2015
(UNEJ, 2015)Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Patrang 01 Jember menggunakan kurikulum KTSP dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan proklamasi kemerdekaan ... -
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN VAK (VISUALIZATION AUDITORI KINESTHETIC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS III SD NEGERI PUGER KULON 01 JEMBER
(2015-11-30)Peran pendidikan penting untuk mencetak generasi penerus bangsa yang mampu menjawab tantangan era globalisasi. Maka guru sebagai pihak yang berperan langsung dalam mendidik siswa harus dapat menciptakan iklim belajar yang ...