Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V di SDN Patrang 01 Jember Tahun Ajaran 2014/2015
Abstract
Pembaharuan dalam bidang pendidikan bertujuan untuk meningkatkan mutu
dan kualitas pendidikan. Salah satunya adalah pembaharuan pada pendekatan
pembelajaran. Pendekatan memerlukan perubahan paradigma pembelajaran, dimana
peserta didik dilatih untuk belajar mengobservasi, mengajukan pertanyaan,
mengumpulkan data, menganalisis (mengasosiasi) data, dan mengkomunikasikan
hasil belajar. Sesuai dengan Kemendikbud 2013 bahwa pembelajaran dengan
pendekatan scientific adalah proses pembelajaran yang dirancang agar siswa secara
aktif membangun konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati
(untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), observasi (mengamati),
Questioning (menanya), Experimenting (mencoba/menggali informasi), Associating
(menalar) dan mengkomunikasikan.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh penerapan
pendekatan scientific terhadap hasil belajar pokok bahasan proklamasi kemerdekaan
Indonesia pada siswa kelas V di SDN Patrang 01 Jember Tahun Ajaran 2014/2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan
pendekatan scientific terhadap hasil belajar pokok bahasan proklamasi kemerdekaan
Indonesia pada siswa kelas V di SDN Patrang 01 Jember Tahun Ajaran 2014/2015.
Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Patrang 01
Jember, dimulai tanggal 23 Maret 2015 sampai dengan 30 Maret 2015. Populasi
penelitian adalah siswa kelas V-A dan kelas V-B dengan jumlah siswa masingmasing
kelas 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan
x
pola pre-test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode
tes yang berupa tes tulis pilihan ganda pada pre-test dan post-test.
Pada penelitian ini, kelas V-A sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang
menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific, sedangkan kelas V-B
sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerapkan pembelajaran tanpa menggunakan
pendekatan scientific (konvensional). Sebelum diadakan proses pembelajaran
dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data hasil UAS semester Ganjil. Uji
Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS versi 21 dengan taraf
signifikansi 5%. Dari uji t diperoleh hasil sebesar ,530 dengan db=69. Hasil tersebut
kemudian dikonsultasikan dengan = 2,000. Hasil < (,530 <
2,000) sehingga keadaan kedua kelas sebelum diadakan penelitian adalah homogen.
Selanjutnya dilakukan uji-t independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol
berdasarkan nilai selisih antara post-test dan pre-test. Nilai siswa yang menerapkan
pembelajaran menggunakan pendekatan scientific mempunyai rata-rata sebesar 15,06
sedangkan nilai siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional mempunyai nilai
lebih rendah yakni rata-rata 9,66. Hasil uji statistik independent test menggunakan
program SPSS versi 21 sebesar 3,195. Kemudian dikonsultasikan dengan
dengan db=68. Diperoleh bahwa hasil > yaitu 3,195 > 2,000 sehingga
dapat dilihat bahwa ada pengaruh yang signifikan antara nilai siswa yang diajar
dengan menerapkan pendekatan scientific dibandingkan dengan nilai siswa yang
diajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif yang signifikan
dari penerapan pendekatan scientific terhadap hasil belajar pokok bahasan proklamasi
kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V di SDN Patrang 01 Jember tahun ajaran
2014/2015. Berdasarkan kesimpulan tersebut, saran dalam penelitian ini adalah bagi
guru diharapkan dapat memakai pendekatan scientific sebagai alternatif pendekatan
dalam pembelajaran di sekolah. Dari hasil peneliti dapat digunakan peneliti lain
sebagai acuan untuk penelitian lebih lanjut.