Browsing by Title
Now showing items 58138-58157 of 91766
-
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Authentic Assessment Terhadap Keterampilan Metakognisi Siswa (Kelas VII Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016)
(UNEJ, 2016)Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan authentic assessment terhadap keterampilan metakognisi siswa. Subjek penelitian ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (Guided Inquiry) DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA (Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso)
(2014-01-24)Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Aspek kognitif dinilai dengan menggunakan rerata nilai Pre-Test dan Post-Test. Pada ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Disertai Process Worksheets Pada Materi Hukum Gerak Newton Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Di Sma
(2018-08-16)Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) disertai process worksheets pada materi Hukum Gerak Newton berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika di SMA. Model ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DISERTAI TEKNIK PROBING QUESTION TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI KABUPATEN JEMBER
(2015-12-11)Fisika merupakan cabang dari IPA yang lahir dan berkembang lewat langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (Guided Inquiry)DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA (Kelas VII Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016)
(2016-08-09)Berdasarkan hasil observasi dan hasil wawancara yang telah dilakukan terhadap guru IPA SMP Plus Darus Sholah Jember, diperoleh informasi bahwa pembelajaran yang selama ini diterapkan pada umumnya masih bersifat ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Flashcard Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas Iv Sdn Dukuh Dempok 01 Wuluhan Jember
(2018-08-23)Kurikulum 2013 merupakan kebijakan strategis dalam menghadapi tantangan dan tuntutan masyarakat Indonesia masa depan. Menurut Abidin (2014:17), kurikulum 2013 bertujuan untuk menjadikan peserta didik yang aktif, -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Phet Simulation terhadap Siap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Induksi Elektromagnetik Sma
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2023-01-05)This research aims to determine the influence of the PhET Simulation-assisted guided inquiry learning model on scientific attitudes and student learning outcomes in electromagnetic induction material. This research uses a ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Scaffolding Konseptual terhadap Kemampuan Scientific Reasoning dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Materi Fluida Statis
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020-01-13)Paradigma pendidikan abad 21 menuntut berbagai pengetahuan dan keterampilan baru guna mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia yang berubah. Keterampilan yang dibutuhkan pada paradigma abad ke 21 adalah keterampilan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Memanfaatkan Media Phet Simulations Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma
(2019-04-11)Keterampilan abad ke-21 sangat dibutuhkan pada era saat ini untuk mempersiapkan kehidupan pada masa mendatang, salah satu keterampilan abad-21 adalah keterampilan berpikir kritis. Upaya yang dapat dilakukan adalah melalui ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai E-LKPD terhadap Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Suhu dan Kalor
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-06)Pendidikan di Indonesia sedang menghadapi tantangan untuk mempersiapkan dan memfasilitasi siswa agar mempunyai kemampuan abad 21 dan mampu bersaing secara global. Terdapat empat kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai Metode Giving Questions and Getting Answer terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Fisika SMA di Kabupaten Jember
(UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterampilan proses sains dan kompetensi sikap dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai metode giving questions and getting answer serta mengkaji pengaruh model ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI KABUPATEN JEMBER
(2016-11-21)Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar secara aktif yang menekankan pada penyediaan sumber belajar. Fisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Phet Simulations Pada Materi Usaha Dan Energi Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2019-07-09)Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia dalam usaha untuk memperoleh pengetahuan, pemahaman dan tingkah laku yang sesuai. Pembelajaran berbasis teknologi memberikan ruang kepada siswa untuk memperoleh ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Pemanasan Global terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Aktivitas Belajar Siswa SMA
(2018-11-13)Pada abad 21 ini, pembelajaran fisika dituntut untuk menguasai kemampuan abad 21 yaitu kemampuan tingkat tinggi atau yang biasa dikenal High Other Thinking. Salah satu kemampuan yang termasuk dalam kemampuan tingkat ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA
(2017-12-05)This research related on the influence of Guided Inquiry learning model for learning outcomes physics in SMA. The purpose of this research were: 1) to examines the significance of the effect of Guided Inquiry model on ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV di SDN Tegalrejo 1 Kabupaten Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-10-18)Kurangnya perhatian guru dalam penggunan model pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung tentunya berpengaruh pada minat siswa mengikuti pembelajaran. Terkhusus pada pembelajaran matematika yang cenderung ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA
(Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 2017-12-01)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental research) dengan desain penelitian posttest only nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020-02-14)Kehidupan di abad ke 21 saat ini menuntut seseorang untuk mampu menguasai berbagai kemampuan. Dengan adanya pendidikan yang diberikan, diharapkan mampu mempersiapkan siswa untuk menguasai kemampuan tersebut dan menjadi ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Decision Making dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020-01-16)Perkembangan dunia di abad 21 sangat pesat di semua aspek kehidupan. Mulai dari aspek sosial, keilmuan, sumber daya manusia dan globalisasi. Semua aspek tersebut menuntut seorang pendidik agar mengisi proses belajar yang ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Decision Making dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
(FKIP, 2020-01-16)Perkembangan dunia di abad 21 sangat pesat di semua aspek kehidupan. Mulai dari aspek sosial, keilmuan, sumber daya manusia dan globalisasi. Semua aspek tersebut menuntut seorang pendidik agar mengisi proses belajar yang ...