• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (Guided Inquiry) DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA (Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso)

    Thumbnail
    View/Open
    YULIAN PUTRI MUHTARTINAH_1.pdf (4.146Mb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Yulian Putri Muhtartinah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Aspek kognitif dinilai dengan menggunakan rerata nilai Pre-Test dan Post-Test. Pada kelas eksperimen diperoleh rerata nilai sebesar 77,32, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rerata sebesar 68,97 dengan taraf signifikasi sebesar 0,01 (P = < 0,05). Selain dilihat dari hasil post-test yang diperoleh, nilai pre-test juga menunjukkan selisih yang nyata diantara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu sebesar 45,19 untuk kelas eksperimen dan sebesar 53,61 untuk kelas kontrol. Aspek berikutnya adalah penilaian hasil belajar ranah afektif siswa kelas VIIIA dan VIII-D SMP Negeri 2 Maesan dengan taraf signifikansi 0,02 (P= <0,05) nilai rata-rata ranah afektif untuk kelas kontrol pada pertemuan 1 sebesar 70,16 dan pertemuan 2 sebesar 86,69 sedangkan untuk kelas eksperimen pada pertemuan 1 sebesar 86,69 dan pertemuan 2 sebesar 96,43. Dan untuk hasil belajar ranah psikomotor siswa kelas VIII-A dan VIII-D SMP Negeri 2 Maesan dengan taraf signifikansi 0,02 (P= <0,05) nilai rata-rata ranah psikomotor untuk kelas kontrol pada pertemuan 1 sebesar 53,94 dan pertemuan 2 sebesar 72,39 sedangkan untuk kelas eksperimen pada pertemuan 1 sebesar 62,46 dan pertemuan 2 sebesar 81,32. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23025
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository