Peningkatan Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kuantum Pada Siswa Kelas XB SMA Nuris Jember
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia yang terobservasi pada materi menulis karangan deskripsi, menunjukan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Hasil belajar siswa yang kurang memuaskan tersebut disebabkan kurangnya komponen-komponen kegiatan menulis yang seharusnya terdapat dalam karangan siswa. komponen-komponen tersebut seperti : kosakata/perbendaharaan kata yang digunakan siswa, struktur kalimat,ejaan,keterpaduan paragraf, keterpaduan kalimat, dalam sebuah paragraf , dan kesesuaian topik yang di tulis. permasalahn tersebut terjadi karena aspek-aspek yang mendukung pembelajaran , teknik pembelajaran yang digunakan guru, tidak adanya media atau sesuatu yang dapat membangkitkan semangat dan konsentrasi siswa, pembelajaran menulis bertujuan agar siswa terampil berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis.