Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Jember
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
metode role playing terhadap motivasi siswa kelas IV tema daerah tempat
tinggalku di SD Muhammadiyah 1 Jember semester II tahun pelajaran 2017/2018;
(2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode role playing terhadap hasil
belajar siswa kelas IV tema daerah tempat tinggalku di SD Muhammadiyah 1
Jember semester II tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SD
Muhammadyah 01 Jember pada tanggal 19 Maret 2018 sampai dengan 9 April
2018. Subyek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri atas
kelas IVA sebanyak 30 siswa dan IVB sebanyak 31 siswa. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan pola intac-group
comparison. pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes yang berupa
tes pilihan ganda pada post-test untuk ranah kognitif. Metode pengumpulan data
pada ranah afektif dan psikomotorik menggunakan metode observasi dan dinilai
berdasarkan pedoman penskoran, namun data yang dianalisis dalam penelitian ini
vii
hanya pada hasil belajar ranah kognitif. Pada penelitian ini, kelas IVA ditentukan
sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan pembelajaran
menggunakan metode role playing, sedangkan kelas IVB sebagai kelas kontrol
yaitu kelas yang menerapkan metode pembelajaran konvensional (saintifik) tanpa
metode role playing.
Sebelum diadakan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas
dengan menggunakan data nilai tes uji homogenitas menggunakan instrumen tes
yang telah dibuat. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik
SPSS versi 22. Data hasil penghitungan dengan SPSS menunjukkan bahwa t
hitung = 0,042. Hasil t hitung kemudian dicocokkan dengan t tabel taraf
signifikansi untuk uji dua pihak (two tail test). Pada taraf signifikansi 5% nilai dk
= 59 memiliki harga t tabel = 1,980. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa t
hitung < t tabel (0,042 < 2,021). Selanjutnya digunakan teknik acak untuk
menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian dilakukan uji t antara
kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan presentase motivasi belajar
siswa dan nilai pre-test yang didapatkan kelas Eksperimen (IVA) dan kelas
kontrol (IVB). Hasil analisis uji-t terhadap persentase motivasi belajar siswa
menggunakan SPSS diperoleh t hitung = 3,899. Selanjutnya t hitung tersebut
dikonsultasikan pada t
= 2,000 dengan taraf signifikansi 5% dan db = 59.
Penghitungan uji-t motivasi belajar dapat diketahui bahwa t
tabel
hitung
> t
(3,899 >
2,000), sehingga nilai t
hitung
lebih besar dari pada t
. Dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran role playing terhadap
motivasi belajar siswa kelas IV dalam tema “Daerah Tempat Tinggalku” di SD
Muhammadyah 01 Jember tahun pelajaran 2017/2018.
tabel
Hasil analisis uji-t untuk hasil belajar menggunakan SPSS diperoleh t
hitung = 3,972. Selanjutnya t hitung tersebut dikonsultasikan pada t
= 2,000
dengan taraf signifikansi 5% dengan db = 59. Dari tabel penghitungan uji-t ranah
kognitif dapat diketahui bahwa t
hitung
> t
tabel
tabel
tabel
(3,972 > 2,000), sehingga nilai t
lebih besar dari pada t
. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa kelas
IV dalam tema “Daerah Tempat Tinggalku” di SD Muhammadyah 01 Jember
tahun pelajaran 2017/2018.
tabel
Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh
yang signifikan dari penerapan metode role playing terhadap motivasi dan hasil
belajar siswa kelas IV dalam tema Daerah Tempat Tinggalku di SD
Muhammadyah 01 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Diharapkan metode role
playing menjadi metode alternatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di
sekolah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menciptakan
suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.