Show simple item record

dc.contributor.advisorMASYHUD, M. Sulthon
dc.contributor.advisorMUTROFIN
dc.contributor.authorALAMSYAHRONY, Syahidi
dc.date.accessioned2019-11-27T05:47:47Z
dc.date.available2019-11-27T05:47:47Z
dc.date.issued2018-05
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96426
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode role playing terhadap motivasi siswa kelas IV tema daerah tempat tinggalku di SD Muhammadiyah 1 Jember semester II tahun pelajaran 2017/2018; (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema daerah tempat tinggalku di SD Muhammadiyah 1 Jember semester II tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadyah 01 Jember pada tanggal 19 Maret 2018 sampai dengan 9 April 2018. Subyek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri atas kelas IVA sebanyak 30 siswa dan IVB sebanyak 31 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan pola intac-group comparison. pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes yang berupa tes pilihan ganda pada post-test untuk ranah kognitif. Metode pengumpulan data pada ranah afektif dan psikomotorik menggunakan metode observasi dan dinilai berdasarkan pedoman penskoran, namun data yang dianalisis dalam penelitian ini vii hanya pada hasil belajar ranah kognitif. Pada penelitian ini, kelas IVA ditentukan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan pembelajaran menggunakan metode role playing, sedangkan kelas IVB sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerapkan metode pembelajaran konvensional (saintifik) tanpa metode role playing. Sebelum diadakan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data nilai tes uji homogenitas menggunakan instrumen tes yang telah dibuat. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS versi 22. Data hasil penghitungan dengan SPSS menunjukkan bahwa t hitung = 0,042. Hasil t hitung kemudian dicocokkan dengan t tabel taraf signifikansi untuk uji dua pihak (two tail test). Pada taraf signifikansi 5% nilai dk = 59 memiliki harga t tabel = 1,980. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa t hitung < t tabel (0,042 < 2,021). Selanjutnya digunakan teknik acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian dilakukan uji t antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan presentase motivasi belajar siswa dan nilai pre-test yang didapatkan kelas Eksperimen (IVA) dan kelas kontrol (IVB). Hasil analisis uji-t terhadap persentase motivasi belajar siswa menggunakan SPSS diperoleh t hitung = 3,899. Selanjutnya t hitung tersebut dikonsultasikan pada t = 2,000 dengan taraf signifikansi 5% dan db = 59. Penghitungan uji-t motivasi belajar dapat diketahui bahwa t tabel hitung > t (3,899 > 2,000), sehingga nilai t hitung lebih besar dari pada t . Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran role playing terhadap motivasi belajar siswa kelas IV dalam tema “Daerah Tempat Tinggalku” di SD Muhammadyah 01 Jember tahun pelajaran 2017/2018. tabel Hasil analisis uji-t untuk hasil belajar menggunakan SPSS diperoleh t hitung = 3,972. Selanjutnya t hitung tersebut dikonsultasikan pada t = 2,000 dengan taraf signifikansi 5% dengan db = 59. Dari tabel penghitungan uji-t ranah kognitif dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel tabel tabel (3,972 > 2,000), sehingga nilai t lebih besar dari pada t . Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam tema “Daerah Tempat Tinggalku” di SD Muhammadyah 01 Jember tahun pelajaran 2017/2018. tabel Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode role playing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV dalam tema Daerah Tempat Tinggalku di SD Muhammadyah 01 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Diharapkan metode role playing menjadi metode alternatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries140210204137;
dc.subjectMetode Role Playingen_US
dc.subjectMotivasi dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record