Perancangan Strategi Keunggulan Bersaing PIA Edamame Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus di Said’s Roti, Jember)
Author
MAYASARI, Feby Rianti
Metadata
Show full item recordAbstract
Said’s Roti merupakan produsen pia edamame pertama di Jember. Sebagai makanan khas Jember, pia edamame memiliki daya tarik tersendiri dan banyak dilirik oleh para pengusaha sehingga industri pengolahan pia edamame tumbuh menjamur di Jember. Berdasarkan potensi tersebut mengakibatkan tingginya tingkat persaingan antar pelaku bisnis sejalan dengan munculnya berbagai macam produk sejenis dengan mutu dan harga yang bersaing. Hal tersebut memberikan peluang pada konsumen untuk lebih selektif memilih produk sesuai dengan selera dan kebutuhannya, sehingga konsumen mendapatkan kepuasan tersendiri. Oleh karena itu, pia edamame Said’s Roti perlu terus dikembangkan agar mampu bersaing dipasar sebagai makanan ciri khas Kabupaten Jember. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menilai dan menerjemahkan keinginan konsumen adalah metode Quality Function Deployment (QFD). Penerapan QFD pada proses peningkatan kualitas pia edamame dapat memberikan berbagai macam informasi penting mengenai kebutuan dan keinginan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian nilai goal atribut kebutuhan konsumen terhadap kemasan dan varian rasa pia edamame Said’s Roti belum mencapai target, jadi harus dilakukan perbaikan pada kedua atribut tersebut. Begitu pula pada nilai benchmarking pia edamame Said’s Roti kalah dengan kedua pesaingnya pada beberapa respon teknis, oleh karena itu didapatkan hasil perancangan strategi bersaing pia edamame Said’s Roti dengan memperbaiki kemasan dan menambah varian rasa