STUDI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINUMAN SUPLEMEN DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS JEMBER (Studi Kasus Extra Joss, Fit-Up dan Hemaviton Jreng)
Author
PRAMONO, Frangky
Metadata
Show full item recordAbstract
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan nyata pada warna, cita rasa dan aftertaste Extra Joss dengan Fit-Up dan Hemaviton Jreng berdasarkan uji deskriptif konsumen terlatih. Perbedaan nyata hanya terdapat pada atribut warna. Hasil ini menunjukkan bahwa di mata konsumen terlatih, mutu ketiga produk bisa dikatakan sama. Namun uji hedonik yang dilakukan oleh responden konsumen menunjukkan adanya perbedaan tidak nyata pada atribut organoleptik ketiga produk tersebut. Hal yang berbeda nyata terletak pada atribut aftertaste. Hal ini, bahwa berdasarkan asumsi diatas, mutu ketiga produk minuman sup!emen tidaklah sama. Pandangan konsumen yang menyatakan mutu ketiganya tidak sama ditunjukkan Iebih jelas melalui preferensi mereka untuk memilih atau menolak salah satu produk. Namun preferensi tersebut, berdasarkan uji Chi-Kuadrat, tidak dipengaruhi oleh faktor sosiologis dan psikologis konsumen.