• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Muatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Buku Siswa Kelas III SD Tema 4 Kewajiban dan Hakku Edisi Revisi Tahun 2018

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Habibah Ulasari-150210204115.pdf (3.500Mb)
    Date
    2019-04-16
    Author
    ULASARI, Nur Habibah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan buku teks pada pembelajaran dalam Kurikulum 2013 diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa, namun pada kenyataannya berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mumpuni dan Masruri (2013:19), kurangnya penanaman pendidikan karakter di sekolah saat ini dapat dirasakan, karena banyak terjadi penurunan karakter pada para siswa khususnya siswa SD, seperti perilaku siswa SD saat ini banyak yang menyimpang, mengabaikan etika, moral, dan budi pekerti dalam bertindak. Sikap kepada orang tua yang kurang hormat, menyontek sudah menjadi sebuah kebudayaan, sering terjadi bullying yaitu dengan mengucilkan kelemahan atau kekurangan yang dimiliki seseorang, serta berbagai masalah lain yang terjadi di kalangan siswa SD saat ini. Untuk mengetahui nilai-nilai karakter pada buku teks yang digunakan pada pembelajaran dalam kurikulum 2013, maka perlu dilakukan suatu analisis terhadap nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku siswa yang digunakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah analisis nilai-nilai pendidikan karakter pada buku siswa kelas III SD tema 4 kewajiban dan hakku edisi revisi tahun 2018? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah nilai-nilai karakter pada buku siswa. Nilai-nilai karakter yang dianalisis dalam penelitian ini berpedoman pada silabus tahun 2018 tentang kompetensi inti sikap spiritual dan sosial pada kelas 3 SD dan nilai yang sesuai dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) antara lain nilai percaya diri, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong dan integritas. Sumber data pada penelitian ini adalah buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas III SD tema 4 kewajiban dan hakku edisi revisi tahun 2018. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi. Analisis data yang dilakukan terdiri atas 3 tahap, yaitu tahap pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada buku siswa tema kewajiban dan hakku kelas III SD ditemukan sebanyak 75 nilai karakter antara lain: nilai tanggung jawab sebanyak 15, nilai gotong royong sebanyak 9, nilai santun sebanyak 13 , nilai peduli sebanyak 15, nilai disiplin sebanyak 5, nilai percaya diri sebanyak 1, nilai religius sebanyak 10, nilai nasionalisme sebanyak 5, 1 nilai mandiri, dan 1 nilai integritas. Berdasarkan hasil analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas III tema 4 kewajiban dan hakku edisi revisi tahun 2018 dapat disimpulkan bahwa buku siswa kelas III tema 4 kewajiban dan hakku edisi revisi tahun 2018 memuat sepuluh nilai karakter yang berpedoman pada silabus tahun 2018 tentang kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial pada kelas III SD dan PPK (Penguat Pendidikan Karakter. Saran yang didapat setelah dilakukan penelitian adalah sebagai berikut: (1) Bagi peneliti, diharapkan peneliti dapat memilih sumber belajar yang sesuai dengan siswa, khususnya sumber belajar yang dapat menanmkan nilai-nilai kareakter dalam diri siswa. (2) Bagi guru, hendaknya guru perlu membaca secara lengkap setiap akan menggunakan buku siswa, khususnya pada bagian nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan, agar kegiatan yang diberikan kepada siswa benar-benar mengembangkan nilai-nilai karakter sesuai dengan fokus karakter yang akan dikembangkan.(3) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menginternalisasikan nilai-nilai karakter pada tema-tema yang lain, sehingga nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan dapat teridentifikasi secara jelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99993
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository