Analisis Muatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Buku Siswa Kelas III SD Tema 4 Kewajiban dan Hakku Edisi Revisi Tahun 2018
Abstract
Penggunaan buku teks pada pembelajaran dalam Kurikulum 2013
diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa, namun
pada kenyataannya berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mumpuni dan
Masruri (2013:19), kurangnya penanaman pendidikan karakter di sekolah saat ini
dapat dirasakan, karena banyak terjadi penurunan karakter pada para siswa
khususnya siswa SD, seperti perilaku siswa SD saat ini banyak yang
menyimpang, mengabaikan etika, moral, dan budi pekerti dalam bertindak. Sikap
kepada orang tua yang kurang hormat, menyontek sudah menjadi sebuah
kebudayaan, sering terjadi bullying yaitu dengan mengucilkan kelemahan atau
kekurangan yang dimiliki seseorang, serta berbagai masalah lain yang terjadi di
kalangan siswa SD saat ini. Untuk mengetahui nilai-nilai karakter pada buku teks
yang digunakan pada pembelajaran dalam kurikulum 2013, maka perlu dilakukan
suatu analisis terhadap nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku siswa
yang digunakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah
analisis nilai-nilai pendidikan karakter pada buku siswa kelas III SD tema 4
kewajiban dan hakku edisi revisi tahun 2018?
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini
adalah nilai-nilai karakter pada buku siswa. Nilai-nilai karakter yang dianalisis
dalam penelitian ini berpedoman pada silabus tahun 2018 tentang kompetensi inti
sikap spiritual dan sosial pada kelas 3 SD dan nilai yang sesuai dengan Penguatan
Pendidikan Karakter (PPK) antara lain nilai percaya diri, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong dan integritas. Sumber data pada penelitian ini adalah buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas III SD tema 4 kewajiban dan hakku edisi revisi tahun 2018. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi. Analisis
data yang dilakukan terdiri atas 3 tahap, yaitu tahap pereduksian data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada
buku siswa tema kewajiban dan hakku kelas III SD ditemukan sebanyak 75 nilai
karakter antara lain: nilai tanggung jawab sebanyak 15, nilai gotong royong
sebanyak 9, nilai santun sebanyak 13 , nilai peduli sebanyak 15, nilai disiplin
sebanyak 5, nilai percaya diri sebanyak 1, nilai religius sebanyak 10, nilai
nasionalisme sebanyak 5, 1 nilai mandiri, dan 1 nilai integritas.
Berdasarkan hasil analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa
kelas III tema 4 kewajiban dan hakku edisi revisi tahun 2018 dapat disimpulkan
bahwa buku siswa kelas III tema 4 kewajiban dan hakku edisi revisi tahun 2018
memuat sepuluh nilai karakter yang berpedoman pada silabus tahun 2018 tentang
kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial pada kelas III SD dan PPK (Penguat
Pendidikan Karakter. Saran yang didapat setelah dilakukan penelitian adalah
sebagai berikut: (1) Bagi peneliti, diharapkan peneliti dapat memilih sumber
belajar yang sesuai dengan siswa, khususnya sumber belajar yang dapat
menanmkan nilai-nilai kareakter dalam diri siswa. (2) Bagi guru, hendaknya guru
perlu membaca secara lengkap setiap akan menggunakan buku siswa, khususnya
pada bagian nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan, agar kegiatan yang
diberikan kepada siswa benar-benar mengembangkan nilai-nilai karakter sesuai
dengan fokus karakter yang akan dikembangkan.(3) Bagi peneliti selanjutnya,
diharapkan dapat menginternalisasikan nilai-nilai karakter pada tema-tema yang
lain, sehingga nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan dapat teridentifikasi secara jelas.