Show simple item record

dc.contributor.advisorWidodo, Joko
dc.contributor.advisorZULIANTO, Mukhamad
dc.contributor.authorAYUNINGTYAS, Ayu
dc.date.accessioned2020-07-24T04:53:03Z
dc.date.available2020-07-24T04:53:03Z
dc.date.issued2019-03-28
dc.identifier.nimNIM 150210301065
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99991
dc.description.abstractKota Banyuwangi kini menjadi sorotan masyarakat untuk dijadikan salah satu pilihan tempat berwisata. Perkembangan sektor pariwisata tersebut banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mendirikan beberapa usaha baru seperti pusat oleh-oleh. Oleh-oleh memang sudah menjadi nilai budaya dan menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat Indonesia. Sudah menjadi kebiasaan setiap orang yang datang ke suatu kota untuk membeli makanan khas daerah sebagi oleh-oleh bagi teman dan keluarganya. Banyaknya pelaku usaha yang memproduksi produk sejenis membuat persaingan usaha semakin ketat. Hal tersebut mengakibatkan masing-masing perusahaan berusaha untuk memenangkan persaingan dengan menghasilkan produk terbaru yang bertujuan untuk menarik minat konsumen dan menciptakan keunggulan bersaing. Salah satu strategi yang dapat digunakan pelaku usaha untuk memenangkan persaingan adalah melalui inovasi dan diversifikasi produk. Inovasi dan diversifikasi produk bisa menjadi salah satu upaya perusahaan untuk mempertahankan konsumen dan menarik pasar lebih luas, sehingga perusahaan tidak kalah saing dengan perusahaan-perusahaan sejenisnya. UD. Sri Rejeki merupakan salah satu usaha yang memproduksi oleh-oleh khas Banyuwangi yang sudah berdiri sejak tahun 1980 dan mampu bertahan sekaligus berkembang di tengah-tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Produk UD. Sri rejeki juga tidak hanya dipasarkan di wilayah Banyuwangi saja, melainkan sudah tersebar di berbagai daerah v oleh perusahaan, sehingga produk-produk yang dihasilkan mampu bertahan dan memiliki daya beda di pasaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi inovasi dan diversifikasi produk yang dilakukan pada Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi UD. Sri Rejeki. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik dari Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi UD. Sri Rejeki sebagai informan utama, dimana informan utama dalam penelitian ini memiliki kewenangan dalam menentukan strategi inovasi dan diversifikasi mana yang akan digunakan oleh perusahaan, serta informan pendukung dalam penelitian ini 6 orang karyawan dari Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi UD. Sri Rejeki. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi inovasi dan diversifikasi produk yang dilakukan oleh pemilik Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi UD. Sri Rejeki untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan kuantitas penjualan yaitu dengan menerapkan beberapa tipe inovasi seperti inovasi berbasis ukuran, dimana produk yang dihasilkan memiliki beberapa ukuran yang berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Inovasi berbasis kemasan, yaitu dengan menciptakan beberapa kemasan berbeda yang dapat menarik minat konsumen dan mengikuti tren pasar. Inovasi berbasis desain, dimana pemilik usaha merubah beberapa desain dari produk tersebut dengan tujuan untuk menarik minat konsumen. Inovasi berbasis pengembangan bahan komplementer, hal tersebut dilakukan dengan menciptakan atau menambahkan beberapa varian rasa yang berbeda terhadap produk yang dihasilkan dengan tujuan untuk meminimalisir tingkat kejenuhan konsumen terhadap rasa-rasa yang sudah ada sebelumnya. Inovasi berbasis pengurangan upaya, inovasi ini dilakukan oleh pemilik usaha untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan produk, yaitu dengan membuka outlet cabang, memiliki beberapa distributor dan adanya layanan delivery order. Sedangkan diversifikasi produk yang dilakukan Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi UD. Sri Rejeki meliputi diversifikasi konsentris yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, mencari bentuk distribusi dan langganan baru dengan cara memasuki pasar baru dan menganekaragamkan jenis produk yang dihasilkan. Diversifikasi horizontal yaitu dengan mendirikan usaha baru yaitu usaha sablon kemasan UD. Sri Rejeki dan diversifikasi konglomerat yaitu dengan mendirikan rumah makan UD. Sri Rejeki.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectStrategi Inovasien_US
dc.subjectDiversifikasi Produken_US
dc.titleStrategi Inovasi dan Diversifikasi Produk Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi UD. Sri Rejeki Kecamatan Genteng Banyuwangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomi
dc.identifier.kodeprodi0210301


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record