Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Seks Anak Usia Dini DI Wilayah Kecamatan Patrang
Abstract
Pendidikan seks merupakan pendidikan yang harus juga diterapkan sejak anak berusia dini. Mengingat semakin banyaknya kekerasan, pelecehan, pemerkosaan yang terjadi tidak hanya pada kalangan dewasa tetapi juga pada anak usia dini. Pendidikan seks ini adalah peranan orang tua yang memberikan pengetahuan kepada anak. Pendidikan seks untuk anak usia dini ini, tidak selalu memberikan pengetahuan tentang bagaimana berhubungan intim dengan lawan jenis, tetapi pendidikan seks untuk anak usia dini adalah pendidikan tentang mengenalkan perbedaan jenis kelamin, identitas diri, pengenalan pada anggota tubuh anak bagian tersebut sudah merupakan bagian dari pendidikan seks untuk anak usia dini.
Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah persepsi orang tua mengenai pendidikan seks anak usia dini?” Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi orang tua terhadap pendidikan seks anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode survey. Instrumen yang digunakan yaitu angket yang berisi 20 butir soal yang diberikan kepada orang tua anak usia dini di Wilayah Kecamatan Patrang, adapun 20 butir soal tersebut terdiri dari 3 aspek yang dikembangkan menjadi satuan pertanyaan. Aspek yang dikembangkan meliputi definisi pendidikan seks anak usia dini, metode pembekalan pada anak usia dini, dan upaya pendidikan seks tahap awal. Penjabaran dari 3 aspek tersebut yang berupa pertanyaan, telah dituliskan pada lembar kisi-kisi instrumen. Instrumen ini digunakan sebagai alat pengumpul data yang nantinya dihitung seberapa persenkah orang tua pada setiap butir pertanyaan yang ada dalam angket tersebut.