• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang dan Solusinya Pada Siswa Kelas XI Akuntansi Smkn 1 Jember Tahun Ajaran 2018-2019

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Muhlis - 150210301086_.pdf (6.189Mb)
    Date
    2020
    Author
    MUHLIS
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Belajar memiliki peranan yang sangat penting terhadap perubahan tingkah laku seseorang ke arah yang lebih baik. Belajar juga memiliki tujuan yang ingin dicapai, namun dalam proses mencapai tujuan belajar tidak senantiasa berhasil, sering kali terjadi kegagalan atau kesulitan yang dialami oleh siswa. Siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Jember mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang yang identik dengan proses menganalisis dan menghitung. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Jember pada materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang dapat disebabkan oleh faktor intern yaitu, faktor intelegensi, kesiapan siswa dalam belajar dan minat belajar siswa terhadap materi ayat jurnal penyesuaian. Faktor intelegensi meliputi: (1) keterampilan siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian, (2) ketelitian siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian, dan (3) kemandirian siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian. Siswa yang mengalami kesulitan belajar pada materi ayat jurnal penyesuaian ditandai dengan rendahnya nilai tugas 1, tugas 2 dan ulangan harian yang masih di bawah 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar materi ayat jurnal peneysuaian perusahaan dagang dan solusinya pada siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Jember tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi dalam penelitian ini menggunakan metode purposive area. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumen, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Jember, yaitu (1) keterampilan siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian masih di kategorikan rendah, yaitu sebesar 46,4%. Rendahnya keterampilan siswa disebabkan karena pemahaman konsep dasar siswa dalam menentukan letak akun antara debet dan kredit juga masih rendah, (2) ketelitian siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian masih di kategorikan rendah, yaitu sebesar 41,6%. Rendahnya ketelitian siswa disebabkan karena siswa tidak memeriksa kembali hasil dari mengerjakan soal ayat jurnal penyesuaian dan penyebab lainnya adalah kondisi kelas kurang kondusif untuk dijadikan ruang belajar, (3) kemandirian siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian juga masih di kategorikan rendah, yaitu sebesar 50%. Rendahnya kemandirian siswa disebabkan karena siswa sering mencontek pekerjaan teman ketika ulangan harian atau pun mengerjakan tugas dan juga siswa kurang percaya diri terhadap kemampuan dirinya sendiri pada saat mengerjakan ayat jurnal penyesuaian. Faktor lain selain intelegensi yaitu, (4) kesiapan siswa dalam belajar jurnal penyesuaian di kategorikan rendah, yaitu sebesar 45%. Rendahnya kesiapan belajar siswa disebabkan karena siswa tidak mempersiapkan materi ayat jurnal penyesuaian di rumah sebelum belajar di sekolah dan siswa juga merasa bosan di dalam kelas karena guru akuntansi yang mengajar tidak bergantian melainkan satu kelas dipegang satu guru. (5) minat siswa dalam belajar jurnal penyesuaian juga di kategorikan rendah, yaitu sebesar 39,2%. Rendahnya minat belajar siswa disebabkan karena siswa tidak menyukai materi jurnal penyesuaian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99928
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail