Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Metode Role Playing Berbantuan Media Gambar Seri Pada Tema Selalu Berhemat Energi di Sdn Tanggul Kulon 1 Jember
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Tanggul Kulon 1
Jember dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat
energi masih rendah, sehingga diterapkan metode role playing berbantuan gambar
seri untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tanggul Kulon 1
Jember. Dalam proses mempersiapkan pembelajaran siklus I ini peran guru tidak
terelakkan, karena guru lebih memahami kondisi kelas secara keseluruhan.
Penelitian di kelas IV SDN Tanggul Kulon 1 Jember terdiri 33 siswa yang terdiri
dari 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah peningkatan
hasil belajar siswa kelas IV melalui metode role playing berbantuan gambar seri
pada tema selalu berhemat energi di SDN Tanggul Kulon 1 Jember”. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV melalui
metode role playing berbantuan gambar seri pada tema selalu berhemat energi di
SDN Tanggul Kulon 1 Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanggul Kulon 1 dengan subjek
penelitian seluruh siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra-siklus siswa yang hasil
belajarnya tercapai berjumlah 14 siswa (42,43%), meningkat menjadi 18 siswa
(54,55%) atau meningkat sebesar 12,12% pada siklus I. Pada siklus I siswa yang
hasil belajarnya tercapai berjumlah 18 siswa (54,55%), meningkat menjadi 25
siswa (75,75%) atau meningkat sebesar 21,20% pada siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode role
playing berbantuan gambar seri pada tema selalu berhemat energi pada siswa
kelas IV di SDN Tanggul Kulon 1 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari siklus I hingga
siklus II. Dalam siklus I rata-rata skor hasil belajar siswa adalah 67,67 dengan
persentase hasil belajar secara klasikal 54,55%, dalam siklus II mengalami
peningkatan di mana rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,09 dengan persentase
hasil belajar secara klasikal 75,75% atau kategori baik. Saran bagi guru,
diharapkan mampu menerapkan dan mengetahui kelebihan dan kelemahan metode
metode role playing berbantuan gambar seri. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat
digunaka sebagai referensi untuk mengadakan penelitian sejenis atau
dikembangkan untuk penelitian selanjutnya dengan variabel yang berbeda.