• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Metode Role Playing Berbantuan Media Gambar Seri Pada Tema Selalu Berhemat Energi di Sdn Tanggul Kulon 1 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Mohammad Iqbal Rahmattullah - 140210204033_.pdf (3.400Mb)
    Date
    2020
    Author
    RAHMATULLAH, Mohammad Iqbal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Tanggul Kulon 1 Jember dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi masih rendah, sehingga diterapkan metode role playing berbantuan gambar seri untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tanggul Kulon 1 Jember. Dalam proses mempersiapkan pembelajaran siklus I ini peran guru tidak terelakkan, karena guru lebih memahami kondisi kelas secara keseluruhan. Penelitian di kelas IV SDN Tanggul Kulon 1 Jember terdiri 33 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV melalui metode role playing berbantuan gambar seri pada tema selalu berhemat energi di SDN Tanggul Kulon 1 Jember”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV melalui metode role playing berbantuan gambar seri pada tema selalu berhemat energi di SDN Tanggul Kulon 1 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanggul Kulon 1 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra-siklus siswa yang hasil belajarnya tercapai berjumlah 14 siswa (42,43%), meningkat menjadi 18 siswa (54,55%) atau meningkat sebesar 12,12% pada siklus I. Pada siklus I siswa yang hasil belajarnya tercapai berjumlah 18 siswa (54,55%), meningkat menjadi 25 siswa (75,75%) atau meningkat sebesar 21,20% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode role playing berbantuan gambar seri pada tema selalu berhemat energi pada siswa kelas IV di SDN Tanggul Kulon 1 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari siklus I hingga siklus II. Dalam siklus I rata-rata skor hasil belajar siswa adalah 67,67 dengan persentase hasil belajar secara klasikal 54,55%, dalam siklus II mengalami peningkatan di mana rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,09 dengan persentase hasil belajar secara klasikal 75,75% atau kategori baik. Saran bagi guru, diharapkan mampu menerapkan dan mengetahui kelebihan dan kelemahan metode metode role playing berbantuan gambar seri. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat digunaka sebagai referensi untuk mengadakan penelitian sejenis atau dikembangkan untuk penelitian selanjutnya dengan variabel yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99920
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository