Penerapan Strategi Know, Want to Know, and Learned (KWL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Kelas IVB Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN Jember Lor 02
Abstract
Salah satu keterampilan berbahasa adalah membaca. Membaca dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dari suatu tulisan, dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman yang bersifat menyeluruh tentang suatu bacaan. Hasil pengamatan awal di kelas IVB SDN Jember Lor 02 diperoleh beberapa permasalahan dalam pembelajaran membaca, yaitu siswa belum dapat memahami isi bacaan yang dibacanya, dan siswa belum dapat menceritakan kembali isi bacaan yang dibacanya dengan kalimat sendiri secara runtut. Hal tersebut menjadi permasalahan yang perlu diberikan solusi, mengingat dalam kompetensi dasar kelas IV adalah siswa harus mampu dan telah mencapai fase membaca pemahaman. Siswa perlu dikenalkan langkah-langkah membaca yang baik untuk dapat memahami bacaan dengan lebih efektif. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan membaca pemahaman. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah strategi pembelajaran KWL (Know–Want to Know–Learned). Melalui strategi KWL, siswa dapat mengingat bacaan lebih lama, karena strategi ini menekankan siswa untuk memahami apa yang telah dibacanya dan terarah pada pokok dalam suatu bacaan sehingga siswa juga dapat memperoleh informasi baru melalui bacaan yang dibacanya.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimanakah proses penerapan strategi KWLyang dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman pada siswa kelas IVB tema indahnya keragaman di negeriku di SDN Jember Lor 02 semester genap tahun pelajaran 2018/2019?” dan “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar membaca pemahaman setelah menggunakan strategi KWL pada siswa kelas IVB tema indahnya keragaman di negeriku di SDN Jember Lor 02 semester genap tahun pelajaran 2018/2019?”Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 02, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IVB. Jenis penelitian ini adalah PTK, metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Hasil penelitian yang didapatkan adalah dalam penerapan strategi KWL masih terdapat kendala yaitu siswa mengalami kesulitan dalam mengisi kolom W (want to know) yang merupakan perumusan pertanyaan yang harus dibuat untuk mengembangkan rasa ingin tahu siswa dalam mempelajari topik yang diberikan. Selanjutnya, guru memberikan solusi dengan cara memberi contoh dalam membuat pertanyaan dan meminta setiap anggota kelompok mencoba merumuskan satu pertanyaan lalu dilanjutkan dengan anggota lain secara bergantian, lalu mendiskusikannya. Pembelajaran menggunakan strategi KWL pada hasil belajar membaca pemahaman siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar membaca pemahaman siswa, pada siklus I secara klasikal skor ranah afektif sebesar 69,23 (cukup), ranah kognitif 72,67 (baik), ranah psikomotorik 68,17 (cukup). Pada siklus II ranah afektif 75,84 (baik), ranah kognitif 78,26 (baik), dan ranah psikomorik 76,28 (baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran KWL dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IVB tema indahnya keragaman di negeriku di SDN Jember Lor 02 semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Saran bagi guru, diharapkan mampu menerapkan strategi pembelajaran KWL pada pembelajaran di kelas, sehingga siswa lebih antusias dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat menambah pengetahuan baru atau referensi untuk penelitian selanjutnya.