Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ekuitas Merek Sepeda Motor Honda Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD Jaya Abadi Motor Jember
Abstract
UD Jaya Abadi Motor Jember merupakan badan usaha yang bergerak di
bidang jasa. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal, yaitu penelitian
yang menghubungkan antara dua variabel atau lebih dan bersifat sebab akibat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini yaitu
konsumen yang memanfaatkan jasa layanan servis berkala gratis pada UD Jaya abadi
Motor Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan
ekuitas merek terhadap kepuasan konsumen pada UD Jaya Abadi Motor Jember. Data
primer diperoleh melalui metode kuesioner dari 84 responden yaitu konsumen yang
memanfaatkan jasa layanan servis berkala gratis pada UD Jaya abadi Motor Jember.
Data yang telah diolah kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus analisis
regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Nilai masing-masing koefisien
regresi variabel independen dari model regresi linier yaitu kualitas pelayanan
1
sebesar 0,409, dan ekuitas merek
sebesar 0,386. Dari
nilai masing-masing koefisien regresi variabel independen tersebut didapatkan nilai
positif. Hal ini menggambarkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas
pelayanan
vii
2
Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah uji instrument penelitian
dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas menunjukkan bahwa bahwa masing-
masing indikator yang digunakan baik dalam variabel independen maupun dependen
mempunyai nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05%, sehingga semua variabel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah valid. Uji reliabilitas menunjukkan bahwa
semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabel, karena memiliki
koefisien keandalan reliabilitas lebih besar dari 0,60, sehingga semua variabel yang
digunakan dalam penelitian ini reliabel.
Berdasarkan pada hasil perhitungan uji F diperoleh nilai F hitung sebesar
45.770 dan nilai F hitung tersebut lebih besar dari pada F tabel, sedangkan
perhitungan uji t diperoleh nilai T hitung > T table, nilai T tabel ± 1.663. Dengan
demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (Ho)ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Berdasarkan ketentuan tersebut, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa
kualitas pelayanan dan ekuitas merek berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada UD Jaya Abadi Motor Jember.