Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Inkuiri disertai Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMA
Abstract
Pada pembelajaran kurikulum 2013 sikap, proses, produk, dan aplikasi
pada pembelajaran fisika tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Siswa diharapkan
dapat mengalami secara nyata sesuai dengan kehidupan sehari-hari sehingga
hakikat fisika dapat dirasakan siswa pada proses pembelajaran. Oleh sebab itu,
siswa dituntut untuk dapat melakukan kegiatan pengulangan pengkajian materi
fisika sebagai wujud pengetahuan proses yang didalamnya bekerja dengan
prosedur ilmiah yang secara tidak langsung menuntut siswa untuk menggunakan
kemampuan penalaranya dalam menjawab persoalan. Penalaran merupakan
aktivitas berpikir tingkat tinggi untuk menarik suatu kesimpulan atau membuat
pernyataan baru berdasarkan beberapa pernyataan yang telah diasumsikan
sebelumnya. Namun hasil beberapa studi menunjukkan bahwa kemampuan
bernalar siswa masih rendah dikarenakan guru belum pernah mengembangkan
bahan ajar yang mampu untuk melatih kemampuan bernalar siswa. Oleh karena
itu penelitian ini bertujuan untuk pengembangan bahan ajar berupa buku ajar
fisika yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk
meningkatkan kemampuan bernalar siswa.