MODEL OBSERVASI DAN SIMULASI (OBSIM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM MENGAJAR
Abstract
Penelitian tentang model observasi dan simulasi (Obsim) untuk meningkatan kemampuan mengajar mahasiswa pendidikan fisika mempunyai dua tujuan. Pertama, untuk mendeskripsikan bagaimana Model Obsim dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran. Kedua, untuk mendeskripsikan bagaimana Model Obsim dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengajar fisika jelas. Subyek penelitian adalah43 orang mahasiswa Program Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember semester V yang menempuh matakuliah Perencanaan Pembelajaran tahun ajaran 2008-2009. Desain penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan siklus-siklus. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi, asesmen otentik, dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif, dengan menggunakan normalized gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Obsim dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran dan mengimplementasikannya dari kategori sedang ke kategori tinggi selama simulasi yang diberikan dosen disajikan dengan jelas, mahasiswa berpartisipasi aktif dalam diskusi, sering berlatih dan umpan balik selalu diberikan setelah mahasiswa presentasi mengajar.