dc.contributor.author | CHOIROH, Nafisatul | |
dc.date.accessioned | 2020-07-10T03:09:58Z | |
dc.date.available | 2020-07-10T03:09:58Z | |
dc.date.issued | 2020-01-14 | |
dc.identifier.nim | 150210102105 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99675 | |
dc.description.abstract | Modul pada dasarnya adalah sebuah bahan ajar yang disusun secara sistematis
dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa sesuai tingkat pengetahuan dan
usia mereka, agar mereka dapat belajar sendiri (mandiri) dengan bantuan atau
bimbingan yang minimal dari guru. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan
peneliti dengan salah satu guru mata pelajaran fisika di SMA Negeri Jenggawah
Jember, MAN 2 Jember, dan SMA Budi Utomo Kabupaten Jombang, mayoritas
siswa menyatakan tidak menyukai fisika karena fisika itu sulit dan banyak rumusrumus
yang harus dihafal. Siswa cenderung enggan membaca terlebih dahulu. Hal
ini disebabkan karena bahan ajar yang digunakan berupa buku paket yang tebal
sehingga mengurangi minat siswa untuk membaca dan mempelajari. Hal ini
tentunya melemahkan kegiatan belajar fisika. Oleh karena itu, peneliti
mengembangkan sebuah bahan ajar yang menarik dan mudah dipahami siswa
ketika belajar individu sehingga dapat meningkatkan minat siswa untuk membaca
dan mempelajari materi. Bahan ajar yang dikembangkan yaitu berupa modul
berbasis learning cycle 7E. Sub materi Gelombang Cahaya cocok disandingkan
dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E yang menggunakan masalah dalam
kehidupan sehari-hari sebagai sumber belajar. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
dc.subject | Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika berbasis Learning Cycle 7E pada Pokok Bahasan Gelombang Cahaya Kelas XI SMA | en_US |
dc.title | Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika berbasis Learning Cycle 7E pada Pokok Bahasan Gelombang Cahaya Kelas XI SMA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.prodi | PENDIDIKAN FISIKA | |
dc.identifier.kodeprodi | 0210102 | |