Tingkat Keterbacaan Buku Teks Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan dan Selalu Berhemat Energi Dengan Menggunakan Teknik Fog Index di SDN Kebonsari 04
Abstract
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru di Indonesia yang diharapkan mampu menjadi penyempurna dari kurikulum sebelumnya. Pemerintah menyediakan buku teks tematik sebagai salah satu sumber belajar, sehingga buku teks tematik tentunya harus disiapkan dengan matang. Salah satunya dalam aspek tingkat keterbacaan wacananya. Wacana yang terdapat dalam buku teks tematik harus memiliki tingkat keterbacaan yang sesuai dengan kemampuan peserta didik, agar pesan yang ada di dalam wacana dapat tersampaikan secara utuh. Keterbacaan buku teks tematik di sekolah dasar masih rendah, sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Anis, dkk. pada tahun 2016 yang berjudul “Tingkat Keterbacaan Wacana Pada Buku Paket Kurikulum 2013 Kelas 4 Sekolah Dasar Menggunakan Formula Grafik Fry”. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa buku tema "Indahnya Kebersamaan" kelas 4 lebih cocok digunakan untuk tingkat kelas 7, 8, dan 9. Tema "Selalu Berhemat Energi" kelas 4 lebih cocok untuk tingkat kelas 1, 2, dan 3, hal tersebut terjadi karena buku teks disusun tanpa memperhatikan tingkat keterbacaannya. Penelitian ini menggunakan teknik Fog Index sebagai alat untuk mengukur tingkat keterbacaan buku teks kurikulum 2013 revisi 2017 kelas IV tema “Indahnya Kebersamaan” dan “Selalu Berhemat Energi”. Teknik ini digunakan karena setebal apapun jumlah halaman suatu buku ataupun sepanjang apapun suatu bacaan, pengukuran keterbacaannya hanya menggunakan 100 kata saja, selain itu teknik ini dipilih karena dari skala angka yang digunakan tidak banyak dan tidak rumit. Teknik Fog Index merupakan teknik mencari kata-kata sukar dalam setiap wacana yang diukur tingkat keterbacaannya, karena itu untuk menentukan kata-kata sukar tersebut peneliti menggunakan teknik tes secara langsung kepada siswa Kelas IV SDN Kebonsari 04, Jember. Objek penelitian ini dibatasi pada buku teks kurikulum 2013 revisi 2017 kelas IV tema “Indahnya Kebersamaan” dan “Selalu Berhemat Energi”, menggunakan teknik Fog Index sebagai alat untuk mengukur tingkat keterbacaan buku teks tematik. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan tingkat keterbacaan wacana buku teks kurikulum 2013 revisi 2017 kelas IV tema “Indahnya Kebersamaan” dan “Selalu Berhemat Energi” dengan menggunakan teknik Fog Index, sehingga dapat diketahui apakah buku teks tematik tersebut sudah sesuai dengan tingkat kelasnya. Oleh karena itu penelitian ini diberi judul Tingkat Keterbacaan Buku Teks Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan Dan Selalu Berhemat Energi Dengan Menggunakan Teknik Fog Index Di SDN Kebonsari 04. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat keterbacaan buku teks kurikulum 2013 revisi 2017 kelas IV tema Indahnya Kebersamaan dan Selalu Berhemat Energi dengan menggunakan teknik Fog Index di SDN Kebonsari 04?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan buku teks kurikulum 2013 revisi 2017 kelas IV tema Indahnya Kebersamaan dan Selalu Berhemat Energi dengan menggunakan teknik Fog Index di SDN Kebonsari 04. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif (descriptive research). Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) menyiapkan buku teks tematik; (2) menentukan wacana dari setiap buku atau tema; (3) menyiapkan Instrumen penelitian berupa instrumen hasil analisis data; (4) melakukan tes wacana kepada siswa untuk menentukan rata-rata kata sulit; (5) melakukan perhitungan terhadap 26 wacana; (6) mendeskripsikan hasilnya berupa tingkat keterbacaan dari wacana pada buku teks; (7) menarik kesimpulan dari hasil analisis yang telah dilakukan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan buku teks Tema Indahnya Kebersamaan dan Selalu Berhemat Energi merupakan buku yang memiliki tingkat keterbacaan dalam kategori mudah jika diterapkan pada kelas IV karena dari 26 wacana yang telah diteliti tingkat keterbacaannya, terdapat 1 wacana yang memiliki tingkat keterbacaan ideal pada tema “Indahnya Kebersamaan”, 1 wacana yang memiliki tingkat keterbacaan sukar pada tema “Selalu Berhemat Energi, dan 24 wacana yang memiliki tingkat keterbacaan mudah yang terdiri atas 12 wacana pada tema “Indahnya Kebersamaan” dan 12 wacana pada tema “Selalu Berhemat Enegi”. Berdasarkan kesimpulan di atas, terdapat beberapa saran yaitu (1) saran untuk pemerintah pusat, sebelum buku teks tematik diterbitkan sebaiknya diukur terlebih dahulu tingkat keterbacaannya, agar sesuai dengan jenjang kelasnya. (2) saran untuk guru kelas IV, hendaknya memilih sumber belajar yang sesuai dengan jenjang kelasnya.