Show simple item record

dc.contributor.authorFajrin Nurrahmi
dc.date.accessioned2013-12-18T04:51:25Z
dc.date.available2013-12-18T04:51:25Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM082310101012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9958
dc.description.abstractKematangan sosial merupakan kemampuan individu untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial serta kemampuan beraktifitas secara mandiri dan bertanggung jawab di dalam lingkungan sosial. Kematangan sosial memiliki tiga dimensi, yaitu dari individu yang semula tergantung menjadi individu yang mampu mandiri, dari individu yang tidak memiliki tanggung jawab menjadi individu yang bertanggung jawab, dan dari individu yang tidak mampu menjadi individu yang mampu. Kemampuan personal, dukungan sosial, aset materi, dan keyakinan positif anak dapat digunakan sebagai sumber koping untuk mengatasi stres yang dirasakan. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di Full Day School AlBaitul Amien Jember untuk mengetahui tingkat stres pada 10 siswa kelas 4, 5 dan 6 menunjukkan bahwa beberapa siswa mengalami stres selama seminggu terakhir. Didapatkan data bahwa 3 dari 10 siswa mengalami stres ringan, 3 dari 10 siswa mengalami stres sedang dan 4 lainnya dalam kondisi normal. Siswa mengatakan bahwa selama satu minggu terakhir siswa lebih mudah marah dan juga gugup ketika mendapatkan tugas dan melakukan presentasi di depan kelas. Berdasarkan masalah yang ada peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan kematangan sosial dengan tingkat stres pada siswa Full Day School Al-Baitul Amien Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif analitik dan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 176 responden. Sampel pada penelitian ini terdiri dari siswa dan wali murid yaitu sampel pada variabel kematangan sosial 123 responden dan sampel pada variabel. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Penelitian dilakukan di Full Day School Al-Baitul Amien Jember menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data, sehingga data yang diperoleh adalah data primer. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji Alpha cronbach. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 54,5% siswa memiliki kematangan sosial yang baik dan 45,5% siswa memiliki kematangan sosial yang tidak baik. Hasil penelitian tingkat stres siswa menunjukkan bahwa sebanyak 50,4% berada dalam kondisi stres ringan, 25,5% siswa dalam keadaan normal dan 24,4% siswa dalam kondisi stres sedang. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kematangan sosial dengan tingkat stres siswa dan berpola negatif sehingga semakin besar kematangan sosial anak maka semakin berkurang tingkat stres anak. Kondisi ini didukung oleh hasil analisa penelitian (r = 0,56). Nilai koefisien dengan determinasi 0,318 artinya persamaan garis regresi yang diperoleh dapat menerangkan 31,8 % variasi tingkat stres siswa atau persamaan garis diperoleh cukup baik untuk menjelaskan variabel tingkat stres siswa. Hasil uji statistik didapatkan P value = 0,000 hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara k ematangan sosialdengan tingkat stes siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries082310101012;
dc.subjectkematangan sosialen_US
dc.titleSTRES PADA SISWA FULL DAY SCHOOL HUBUNGAN KEMATANGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT AL-BAITUL AMIEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record