Show simple item record

dc.contributor.advisorMUNAWIR, Al
dc.contributor.advisorROKHMAH, Dewi
dc.contributor.authorRAHMAWATI, Asti Nuris Mida
dc.date.accessioned2020-07-05T12:34:44Z
dc.date.available2020-07-05T12:34:44Z
dc.date.issued2020-01-31
dc.identifier.nimNIM172520102035
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99551
dc.description.abstractPeningkatan fungsi Puskesmas menjadi Puskesmas PONED seharusnya di dukung oleh sarana prasarana yang memadai, ketersediaan tenaga kesehatan yang sesuai dan ahli di bidangnya, serta kepatuhan petugas dalam melengkapi rekam medis. Kelengkapan dan pengelolaan sarana dan prasarana termasuk salah satu kegiatan dari program menjaga mutu dari segi prospektif. QA dari Segi konkuren yaitu upaya meningkatkan kualitas tenaga kesehatan yang terlibat dalam pelayanan. Kepatuhan petugas dalam melengkapi resume medis pasien adalah salah satu bentuk kegiatan QA dari segi retrospektif. Faktanya berdasarkan hasil studi pendahuluan bahwa fasilitas Puskesmas PONED belum memenuhi standar sarana dan prasarana, tim PONED belum mengikuti pelatihan sepenuhnya. Quality Assurance merupakan proses yang dilaksanakan secara berkesinambungan, sistematis, objektif, dan terpadu terhadap penetapan masalah, penyebab, upaya penyelesaian, serta tindak lanjut untuk meningkatkan mutu layanan. Apabila upaya dalam pemenuhan standar-standar yang telah ditetapkan dan dilaksanakan secara terarah dan terencana maka Puskesmas telah menjaga mutu. QA (Quality Assurance) merupakan hal penting bagi manajemen Puskesmas dan para stakeholdernya agar dapat menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juni-Juli 2019. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dengan jumlah informan sebanyak 24 informan. Informan utama pada penelitian ini adalah koordinator PONED, informan kunci adalah Kepala Puskesmas, dan informan tambahan adalah pasien yang mendapatkan pelayanan di 6 Puskesmas PONED Kabupaten Bondowoso. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian, dan kesimpulan data. Metode triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini dari segi prospektif sarana prasarana dan peralatan bahwasanya seluruh Puskesmas PONED belum memenuhi standar yaitu belum ada ruang perawatan kebidanan, ruang tindakan kegawatdaruratan obstetri dan neonatal, ruang pasca tindakan ruang perawatan pasca persalinan, ruang bedah minor, dan ruang sterilisasi alat dan upaya yang dilakukan yaitu mengusulkan melalui Dinas Kesehatan untuk pemenuhan sarana. Berdasarkan prospektif ketersediaan tenaga bahwa sebagian besar Puskesmas telah memenuhi jumlah dan kualifikasi sesuai standar yang telah memiliki SK, STR, dan SIP serta dari segi prospektif pelatihan bahwasanya tenaga kesehatan yang terlibat dalam pelaksanaan PONED belum seluruhnya mengikuti pelatihan terkait pelayanan obstetri neonatal emergensi dasar dan upaya yang dilakukan yaitu dengan mengusulkan pelatihan melalui dana JKN dan Dinas Kesehatan. Menjaga mutu dari segi konkuren bahwa belum sepenuhnya petugas kesehatan melakukan tindakan kegawatdaruratan sesuai SOP yang berlaku. Menjaga mutu dari segi retospektif bahwasanya kelengkapan pencatatan pada rekam medis sudah baik namun ada beberapa yang perlu dilengkapi terutama pada pemeriksaan fisik. Hasil analisis berdasarkan cakupan kinerja pelayanan PONED hanya mencapai 50-80%. Saran yang dapat diberikan terhadap pihak Puskesmas PONED diharapkan membentuk tim QA untuk menjamin pemenuhan standar pelayanan dari segala aspek dan tenaga kesehatan yang menjadi tim PONED harus memenuhi kualifikasi baik dari segi jumlah tenaga, pendidikan, dan pelatihan. Saran untuk Dinas Kesehatan diharapkan secara rutin melakukan supervisi pada Puskesmas PONED dan meningkatkan pengadaan pelatihan khususnya yang terkait dengan pelatihan kegawatdaruratan baik yang berstatus ASN, PTT daerah/pusat maupun kontrak Puskesmas.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherPASCASARJANAen_US
dc.subjectQuality Assuranceen_US
dc.subjectPelayanan Obstetrien_US
dc.subjectObstetri Neonatalen_US
dc.subjectPuskesmasen_US
dc.titleQuality Assurance (QA) Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar di Puskesmas PONED Kabupaten Bondowosoen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Ilmu Kesehatan Masyarakat
dc.identifier.kodeprodi2520102


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record