Peranan Tour Leader Dalam Meningkatkan Pelayanan Wisata di PT. Luna Sentosa Gemilang Indonesia
Abstract
Di era milenial sekarang ini banyak sekali wisatawan yang ingin mendapatkan pelayanan yang serba praktis dan cepat. Untuk kebutuhan wisata, wisatawan lebih suka dengan hal yang mudah dan tidak mau merepotkan diri sendiri. Calon wisatawan lebih suka menggunakan jasa perjalanan wisata yang ada dan lebih memudahkan mereka untuk mengatur jadwal perjalanan yang mereka inginkan. Biro perjalanan wisata, agen perjalanan, tour operator dan lainlain ini sebuah perusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa pariwisata, perusahaan tersebut juga mengelola, memesan, merencanakan, membuat, dan menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata baik untuk kepentingan bisnis, berlibur, sosial, budaya, dan sebagainya. Maka dari itu sebuah perusahaan biro perjalanan wisata memerlukan seorang tour leader untuk mengatur semua kegiatan tour. Seiring dengan perkembangan dunia pariwisata lambat laun menjadi suatu kebutuhan dalam melakukan perjalanan wisata dengan cara mengunjungi tempat wisata dalam negeri maupun luar negeri. Setiap wisatawan berpendapat bahwa yang telah mengunjungi tempat-tempat wisata diluar negaranya dengan sendirinya melebihi wisatawan yang belum mengunjungi tempat tersebut. Hal ini menyebabkan aktivitas berwisata ke luar negeri semakin diminati oleh para wisatawan. Disinilah peran tour leader sangat dibutuhkan untuk melayani, memberikan informasi dan mendampingi peserta perjalanan tour. Juga tugas dari seorang tour leader adalah mengkonfirmasi kembali persiapan keberangkatan perjalanan wisata dari pemesanan transportasi, penginapan atau hotel, tempat yang akan dikunjungi atau tempat wisata, dan rumah makan atau catering. Seorang tour leader adalah satu-satunya orang yang menjadi patokan dalam sebuah perjalanan wisata. Semua peserta tour harus menuruti peraturan atau ketentuan yang ditetapkan oleh seorang tour leader demi kelancaran jalannya suatu kegiatan tour. Selama penulis melakukan praktek kerja nyata di PT. Luna Sentosa Gemilang Indonesia, penulis membantu untuk memandu beberapa perjalanan tour seperti bersama puskesmas, instansi swasta, dan instansi pemerintah daerah Situbondo, Banyuwangi, Lumajang dan Bondowoso . Adapun proses yang di lakukan penulis saat melayani kegiatan tour di PT. Luna Sentosa Gemilang Indonesia adalah mempersiapkan dokumen-dokumen penting yang diperlukan saat kegiatan tour berlangsung, mempersiapkan barang-barang yang akan di bawa, mengkonfirmasi jam keberangkatan kepada peserta tour dan transportasi, mengkonfirmasi seat peserta tour saat berada di dalam bus, Greeting dan memperkenalkan diri kepada para peserta tour, mempersilahkan kepada kepala peserta tour untuk memimpin do’a, menjelaskan rundown / itenerary kepada peserta tour, menceritakan sekilas sejarah objek wisata yang dituju, mengkonfirmasi rumah makan, mengkonfirmasi objek wisata, mengecek kembali kelengkapan peserta tour, mengkonfirmasi kepada peserta tour untuk perjalanan menuju ke kota asal, closing dan menanyakan kesan-kesan selama mengikuti perjalanan tour bersama PT. Luna Sentosa Gemilang Indonesia. Berdasarkan hasil praktek kerja nyata yang dilakukan penulis, pelayanan tour leader yang dilakukan di PT. Luna Sentosa Gemilang Indonesia ini sudah memberikan pelayanan yang sangat memuaskan kepada para konsumennya, sehingga membuat para konsumen tidak berpikir terlalu lama untuk memilih pelayanan yang telah diberikan sebelumnya. PT. Luna Sentosa Gemilang Indonesia juga selalu memberikan pelatihan kepada setiap para tour leader nya, dengan ini tidak diragukan kembali bahwa pelayanan yang akan diberikan kepada para konsumen menjadi lebih baik lagi.