• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kualitas Pelayanan Elektronik Layanan Mandiri di Desa Tambong Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Dini Winda Hernanda Dewi - 150910201017_.pdf (5.030Mb)
    Date
    2020
    Author
    DEWI, Dini Winda Hernanda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jumlah keluhan masyarakat terhadap pelayanan publik yang masih tinggi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik oleh pemerintah saat ini belum dapat memenuhi harapan masyarakat. Luas suatu wilayah juga menyulitkan masyarakat di desa untuk mendapat pelayanan yang berada di pusat kota. Permasalahan ini dialami Banyuwangi sebagai salah satu kabupaten dengan wilayah yang luas. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menciptakan Smart Kampung yaitu sebuah program yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan secara terpadu, cukup melalui kantor Desa. Smart kampung kemudian dikembangkan oleh pemerintah Desa Tambong menjadi “Sipaddu” yang saat ini berganti nama menjadi “Layanan Mandiri”. Layanan Mandiri adalah sebuah pelayanan administrasi kependudukan berbasis elektronik yang dapat diakses melalui website. Dengan adanya Layanan Mandiri masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor desa untuk membuat permintaan layanan, cukup dilakukan dengan telepon genggam atau gadget yang dimiliki. Hal ini diyakini dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat Kualitas Pelayanan Layanan Mandiri di Desa Tambong Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Fokus penelitian ini adalah mengetahui tingkat kualitas pelayanan elektronik dengan membandingkan harapan dan persepsi responden pengguna “layanan mandiri”. Teknik pengumpulan data yang menggunakan kuesioner, wawancara, observasi secara langsung, dan analisis dokumen. Teknik menguji validitas dan reliabilitas instrumen kuesioner menggunakan korelasi product moment melalui aplikasi SPSS. Data yang telah didapat kemudian diolah dengan tahap editing dan tabulasi. Kemudian dianalisis menggunakan rumus E-servqual untuk mencari tingkat kualitas (Q) yaitu membandingkan nilai harapan dengan persepsi, kemudian menggunakan 3 tahap analisis. Tahap tersebut yaitu item by item analysis, dimension by dimension analysis, dan perhitungan tunggal kualitas pelayanan. Hasil penelitian tingkat kualitas pelayanan elektronik Layanan Mandiri di Desa Tambong menunjukkan hasil “Tidak Baik”. Hal ini dikarenakan hasil hitung melalui seluruh tahapan analisis yang telah ditentukan, menunjukkan nilai negatif yang artinya persepsi responden masih belum memenuhi harapan dalam menerima pelayanan. Seperti mengacu pada teori Besterfield (1998) “Jika kualitas (Q) ≥ 1, Maka kualitas pelayanan dikatakan baik”. Setelah dilakukan perhitungan, hasilnya menunjukkan nilai ≤ 1 sehingga kualitas pelayanan masih dikategorikan “tidak baik”.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99485
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5687]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository