Pengaruh Citra Merek dan Label Halal Serta Harga Pada Produk Wardah terhadap Minat Pembelian Ulang Di Kota Jember
Abstract
Produk kecantikan pada saat ini telah berkembang sedemikian rupa,
seiring dengan perubahan pola hidup dan peningkatan pendapatan masyarakat
serta tingkat pendidikan yang tinggi. Perubahan pola hidup dan peningkatan
pendapatan masyarakat menyebabkan konsumsi masyarakat akan produk
kecantikan mengalami perkembangan. Kecantikan menjadi salah satu bagian
dunia usaha, baik laki-laki maupun perempuan. Produk-produk itu dipakai secara
berulang setiap hari dan diseluruh tubuh mulai rambut sampai ujung kaki dan
salah satu produk yang dugunakan adalah produk dari Wardah. Wardah percaya
bahwa kecantikan adalah cahaya hati yang terpancar dari dalam, oleh sebab itu
wardah mempunyai slogan: “Wardah Inspiring Beauty”. Wardah mempunyai
berbagai macam produk kecantikan. Dari berbagai kebutuhan perawatan tersedia
terdapat perawatan kulit serta make up yang biasa digunakan oleh wanita. Wardah
menyediakan kebutuhan yang diingkan konsumen dengan harapan dapat
memenangkan persaingan khususnya di kota Jember .
Berdasarkan fenomena tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh citra merek, label halal dan harga pada produk wardah
terhadap minat pembelian ulang di kota Jember. Variabel pada penelitian ini
terdapat 3 variabel independt yaitu citra merek, label halal dan harga serta 1
variabel dependent yaitu minat pembelian ulang. Objek pada penelitian ini adalah
produk wardah. Sampel penelitian ini berjumlah 128 responden, dengan jumlah
indikator variabel sebanyak 16 indikator. Alat analisis yang digunakan adalah
metode analisis linier berganda.
Citra Merek (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap minat
pembelian ulang (Y) produk Wardah di Kota Jember. Hal ini menunjukkan bahwa
semakin baik citra merek (X1) akan meningkatkan minat pembelian ulang (Y)
produk Wardah di Kota Jember. Label halal (X2) berpengaruh signifikan terhadap
minat pembelian ulang (Y) produk Wardah di Kota Jember. Hal ini menunjukkan
bahwa semakin baik Kesadaran konsumen mengenai label halal akan
meningkatkan minat pembelian ulang (Y) produk Wardah di Kota Jember. Harga
(X3) berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang (Y) produk Wardah
di Kota Jember. Hal ini menunjukkan bahwa semakin sesuai harga akan
meningkatkan minat pembelian ulang produk Wardah di Kota Jember.