Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Subtema Perpindahan Kalor di Sekitar Kita di SDN Karangrejo 01 Jember
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dalam pendekatan saintifik dengan materi pembelajaran akan sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode pembelajaran merupakan cara atau tahapan yang digunakan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran khususnya pembelajaran IPA penting dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar serta pemahaman siswa sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran IPA dengan percobaan tidak selalu dilaksanakan di sekolah dikarenakan metode eksperimen dirasa membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk jam pelajaran yang terbatas. Alokasi waktu yang terbatas tersebut digunakan guru untuk mengajarkan materi menggunakan metode yang sederhana seperti metode ceramah, sehinga lebih menghemat waktu pembelajaran.
Berdasarkan paparan di atas, diharapkan metode eksperimen dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa subtema perpindahan kalor disekitar kita, sehingga peneliti berkehendak melakukan uji coba metode eksperimen dalam pembelajaran dengan mengadakan penelitian yang berjudul “Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Subtema Perpindahan Kalor di Sekitar Kita di SDN Karangrejo 01 Jember tahun Pelajaran 2018/2019”.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eskperimental) dengan pola pretest-posttest nonequivalent control group design. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019.Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VA dan kelas VB. Kelas VA berjumlah 29 orang siswa dan kelas VB berjumlah 30 orang siswa.
Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan metode pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar subtema perpindahan kalor disekitar kita pada siswa kelas V SDN Karangrejo 01 Jember. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 80,94 dan rata-rata nilai pada kelas kontrol yaitu 75,32. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, nilai t hitung yang diperoleh sebesar 2,175. Harga t pada tabel kritik distribusi t dengan db= 57 pada taraf signifikasi 5% atau 0,05 adalah 2,000. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu sebesar 2,175 > 2,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha yang menyatakan ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas V subtema perpindahan kalor disekitar kita SDN Karangrejo 01 Jember diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas V subtema perpindahan kalor di sekitar kita di SDN Karngrejo 01 Jember. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 80,94 dan rata-rata nilai pada kelas kontrol yaitu 75,32.