Show simple item record

dc.contributor.advisorBUDI P, Sri Handono
dc.contributor.advisorYUSHARDI
dc.contributor.authorRAMADHANTY, Laily
dc.date.accessioned2020-06-25T04:53:47Z
dc.date.available2020-06-25T04:53:47Z
dc.date.issued2020-02-28
dc.identifier.nimNIM160210102072
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99376
dc.description.abstractParadigma pendidikan nasional abad 21 mengarahkan peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Melalui pendidikan, peserta didik disiapkan untuk menjadi individu yang memiliki kompetensi untuk beradaptasi dengan tugas dan tanggung jawab baru melalui pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Permasalahan dalam dunia pendidikan Indonesia saat ini adalah rendahnya kompetensi peserta didik dalam menyelesaikan suatu masalah. Kompetensi peserta didik yang harus dikembangkan dalam menyelesaikan masalah adalah kemampuan berpikir kreatif. Upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dapat melalui kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan keikutsertaan peserta didik secara aktif seperti model pembelajaran discovery learning. Karakteristik model discovery learning yang bersifat fleksibel dan membimbing peserta didik untuk mengembangkan kreativitas sehingga diharapkan dapat mencapai hasil belajar yang baik. Namun, penggunaan model pembelajaran discovery learning di kelas menemukan kendala dalam membimbing untuk menemukan konsep dan mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik. Hal tersebut terbukti dari rendahnya kualitas proses kegiatan penemuan dan pengembangan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Diagram V merupakan salah satu bentuk scaffolding yang membantu peserta didik mengkontruksi pengetahuan baru. Diagram V terdiri dari bagian konsep dan metodologi yang membentuk huruf v. Peneliti memberikan solusi dengan membuat LKPD berbasis discovery learning berbantuan diagram V. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian tentang “Pengaruh diagram V dalam model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh diagram V dalam model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment yang dilaksanakan di SMA Negeri Ambulu di kelas XI pada semester gasal tahun pelajaran 2019/2020 pada tanggal 19-28 November 2019. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling area. Sampel penelitian yang terpilih yaitu kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran discovery learning berbantuan diagram V, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran discovery learning tanpa diberikan bantuan diagram V. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan program SPSS 23 untuk mengetahui pengaruh perlakuan yang diberikan terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Proses pembelajaran dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan dengan sub materi persamaan gas ideal, hukum-hukum gas ideal, dan prinsip ekuipartisi energi maka langkah selanjutnya adalah penilaian terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif diperoleh dari penilaian posttest. Data hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan uji nonparametric Mann-Whitney U diperoleh nilai signifikansi (I-tailed) sebesar 0,000. Perolehan nilai tersebut memenuhi Sig. ≤ 0,05 yang berarti diagram V dalam model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Selanjutnya, data kemampuan berpikir kreatif peserta didik dianalisis menggunakan uji Indenpendent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 (Sig. ≤ 0,05) maka keputusan yang diperoleh adalah penggunaan diagram V pada model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Berdasarkan penjabaran di atas, maka dapat disimpulkan bahwa (1) diagram V dalam model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (2) diagram V dalam model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran Fisikaen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectDiscovery Learningen_US
dc.subjectDiagram Ven_US
dc.titlePengaruh Diagram V dalam Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatifen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisika
dc.identifier.kodeprodi0210102


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record