Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Pkn Sdn Jombang 02 Jember
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Jombang 02 Jember pada hari Selasa, tanggal 12 Februari 2019 diketahui bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran PKn guru sudah menerapkan penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, tetapi belum maksimal. Metode pembelajaran yang digunakan guru diantaranya ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan. Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn masih di bawah KKM di SDN Jombang 02 Jember yaitu 70. Guru masih dominan menggunakan buku paket saat pembelajaran, meskipun sudah dilakukan diskusi saat pembelajaran, namun hasil belajar siswa masih rendah. Hasil UTS mata pelajaran PKn Siswa Kelas IV SDN Jombang 02 Jember diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 64,23 dengan rincian 5 siswa tuntas dengan nilai ≥ 70 dan 8 siswa lainnya tidak tuntas dengan nilai ≤ 70. Dari data tersebut nampak bahwa hasil belajar yang dicapai siswa secara klasikal masih jauh dari KKM yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn SDN Jombang 02 Jember? Penelitian dilaksanakan di SDN Jombang 02 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jombang 02 Jember dengan jumlah 13 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Penelitian menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan selama bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pembelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi terhadap lingkungan pada siswa kelas IV di SDN Jombang 02 Jember semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari siklus I hingga siklus II. Dalam siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 70,26 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 53,85%, dalam siklus II mengalami peningkatan di mana rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,86 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 76,92%. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini yaitu: (1) siswa harus aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat memberikan motivasi dan semangat bagi siswa untuk belajar PKn dengan menarik dan menyenangkan; (2) guru harus memahami kelemahan dan kelebihan dari model pembelajaran kooperatif tipe TPS agar dapat menjadi bahan masukan dalam alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keberhasilan dan kualitas pembelajaran; dan (3) peneliti lain dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi dalam mengadakan penelitian sejenis atau dikembangkan untuk penelitian selanjutnya dengan variabel yang berbeda.