Pengembangan Media Game Edukasi “History Quiz” Adobe Flash CS 6 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Ips Man 1 dI Kabupaten Jember Dengan Model 4d
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu pentingnya pengembangan media pembelajaran sesuai dengan Iptekkom seperti pemanfaatan jaringan internet, untuk memfasilitasi proses pembelajaran, media sosial, Video, Video Game agar tercapai suatu pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu terjadinya proses pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif yang dapat memberikan tantangan dalam aspek sarana dan prasarana pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa proses pembelajaran kurang maksimal dalam memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai penunjang proses pembelajaran. ketersediaan media pembelajaran hanya terbatas pada penggunaan buku LKS, buku cetak, dan penggunaan proyektor untuk menampilkan materi yang dikemas dalam power point dengan format yang masih sederhana. proses pembelajaran yang kurang maksimal dalam memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai penunjang proses pembelajaran. Pengembangan media belajar game edukasi History Quiz adobe flash cs 6 dapat dijadikan refrensi sebagai media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat digunakan sebagai media belajar mandiri oleh peserta didik.
Dalam penelitian ini, permasalahan yang diajukan adalah 1) Bagaimana hasil validasi ahli terhadap media pembelajaran berbasis game edukasi “History Quiz” pada mata pelajaran sejarah kelas X MAN dan, 2) Apakah Penggunaan Media Pembelajaran Game Edukasi “History Quiz” Adobe Flash CS 6 pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS MAN dapat meningkatkan Minat belajar sejarah peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran game edukasi History Quiz Adobe flash cs 6 pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS MAN pada sub pokok bahasan “Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia” yang tervalidasi dan layak digunakan sebagai media belajar dan mampu meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran sejarah Indonessia.
Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model 4D yang memiliki empat tahap, yaitu (1) Define (pendefinisian); (2) design (perancangan); (3) develop (pengembangan); (4) disseminate (penyebaran).
Hasil validasi ahli bidang studi mendapat presentase 76% yang artinya produk kategori “baik”. Hasil validator media dan desain mendapatkan presentase 86% dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji pengguna mendapatkan presentase 80% dengan kategori “baik”. Selanjutnya uji kelompok kecil dilakukan kepada 10 peserta didik yang di bagi menjadi dua tahap yaitu sebelum menggunakan media game edukasi History Quiz yang diketahui mendapatkan skor sebesar 59,5 % dan uji coba kelompok kecil sesudah menggunakan media dalam proses pembelajaran sejarah Indonesia yang mendapatkan skor sebesar 83,5% dengan kategori “Tinggi”. Uji lapang dilakukan untuk mendapatkan data terkait dengan kemampuan media game edukasi History Quiz untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas X MAN 1. Untuk uji coba lapang melibatkan 34 peserta didik yang dilaksanakan dalam dua tahap untuk mengetahui minat belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media game edukasi History Quiz dalam proses pembelajaran sejarah yang diketahui mendapatkan skor sebesar 69%, uji coba lapang tahap kedua yaitu bertujuan untuk melihat pengaruh media game edukasi History Quiz terhadap minat belajar peserta didik yang diketahui mendapatkan skor sebesar 85% dengan kategori “tinggi” dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa produk media game edukasi History Quiz Adobe Flash CS 6 pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS MAN di Kabupaten Jember dengan model 4D telah tervalidasi dan mampu meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah Indonesia.