• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA BERMAIN EDUKATIF DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR SISWA DI PLAY GROUP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_1.pdf (483.8Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    DEVITA IVONE AMANDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif karena penelitian ini dimaksudkan untuk membandingkan atau menghubungkan dua variabel tertentu, yaitu untuk mengetahui adakah hubungan antara bermain edukatif dengan perkembangan motorik kasar anak usia dini di Play Group Al Irsyad Al Islamiyyah Kabupaten Jember. Daerah atau tempat penelitian ditetapkan di Play Group AL Irsyad AL Islamiyyah Kabupaten Jember ditetapkan menggunakan metode purposive sampling dengan tujuan untuk menetapkan lokasi yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian. Responden pada penelitian ini yaitu duapuluhdua anak usia dini di kelas Orange Play Group AL Irsyad AL Islamiyyah Kabupaten Jember dan informan pendukung yaitu Kepala Play Group AL Irsyad AL Islamiyyah dan tutor. Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh melalui metode observasi yaitu membandingkan antara bermain edukatif dengan perkembangan motorik kasar hasil perbandingan tersebut dimasukkan rumus chi square dan untuk mengetahui besar kecilnya korelasi di gunakan rumus koefisien kontingensi. Sedangkan data sekunder di peroleh melalui metode wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan bermain edukatif dengan perkembangan motorik kasar anak usia dini di Play Group AL Irsyad AL Islamiyyah Kabupaten Jember dengan tingkat korelasi sedang. Hal ini ditandai dengan data di lapangan yang menunjukkan bahwa anak Play Group AL Irsyad AL Islamiyyah sangat respon terhadap permainan ini dan mereka dapat mengikuti dengan baik. Dari semua jenis bermain edukatif dan aspek perkembangan motorik kasar dapat di simpulkan bahwa bermain edukatif dapat di gunakan untuk mengembangkan berbagai aspek dalam perkembangan anak usia dini diantaranya perkembangan aspek motorik kasar anak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9931
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository