Analisis Video Animasi Si Nopal untuk Mendukung Interaksi Sosial pada Siswa SDN Tunjung 02 Lumajang
Abstract
Interaksi sosial adalah hubungan atau komunikasi yang dilakukan oleh dua
orang atau lebih dengan tujuan untuk saling mempengaruhi satu dengan yang
lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. Pengaruh video animasi yang suka
mempertontonkan kekerasan, bicara kotor terhadap interaksi sosial pada anak usia
dini ternyata memberikan pengaruh negatif bagi tontonan bagi peserta didik.
Maka perlu diberikan pemahaman yang baik kepada anak untuk lebih selektif
dalam memilih tontonan video atau aplikasi yang terdapat di dalamnya berupa
proses edukasi interaksi. Rumusan masalah adalah bagiamana film animasi Si
Nopal dapat mendukung interaksi sosial pada siswa SDN Tunjung 02 Lumajang.
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis film animasi Si Nopal untuk
mendukung interaksi sosial pada siswa SDN Tunjung 02 Lumajang.
Film animasi yang diambil sebagai bahan penelitian adalah "Animasi
Nopal". Objek penelitian adalah video animasi pada 10 episode video animasi si
Nopal. Subjek penelitian adalah siswa berusia anatara 11 tahun sampai 12 tahun
pada SDN Tunjung 02 Lumajang karena siswa pada usia ini masih masa imitasi
atau meniru keadaan yang ada di lingkungan, selain itu siswa berusia tersebut
memilki waktu menonton sangat tinggi sehingga memungkinkan banyak tontonan
dia lihat di kehidupan sehari-hari. Metode pengumpulan data yang digunakan
dalam penilitian ini adalah dokumentasi dan wawancara.
Tahap-tahap teknik dokumentasi yang dilakukan untuk mengumpulkan
data dalan penelitian ini meliputi: mengunduh video animasi Si Nopal pada laman
Youtube.com, memilih episode-episode video animasi si Nopal memuat interaksi
sosial, mencermati interaksi sosial yang muncul, mendeskripsikan serta
mencatat data yang mengandung interaksi. Setelah itu proses wawancara untuk
mendeksripsikan pendapat dari siswa.
Berdasarkan data yang sudah terkumpul terdapat 10 bentuk interaksi sosial
dicontohkan video tersebut. Berdasarkan data 10 episode video animasi si Nopal
antaranya yaitu episode: akibat Tidak Cuci Tangan Sebelum Makan, cita-cita Cute
Girl , debat Si Nopal Vs. Cute Girl! Siapa Yang Menang, lagu Libur Sekolah,
robot Aneh, lagu Kemerdekaan Versi Cute Girl, lagu Semangat Sekolah Yang
Aneh, nilai Ulangan, kehebatan Cute Girl yang Tidak Banyak Orang Tahu,
berkemah.
Berdasarkan hasil dan pembahasan mengenai interaksi sosial yang ada
pada video animasi si Nopal dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi sosial.
interaksi sosial tersebut meliputi proses komunikasi, kontak sosial, dan proses
asosiatif. Manfaat dari penelitian ini bagi sekolah, dengan penelitian ini dapat
memberikan dampak yang positif bagi berlangsungnya kehidupan bersosial siswa.
Bagi guru, dengan penelitian ini diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan
interaksi sosial anak yang positif dalam pembelajaran sekolah dasar. Bagi peneliti,
dengan penelitian ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru yang
sangat berharga khususnya berkaitan dengan berlangsungnya interaksi sosial di
kehidupan bermasyarakat.