Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Disertai Concept Mapping pada Materi Alat Optik di SMA
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana yang bertujuan untuk
mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat
mengembangkan potensi dirinya secara aktif untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta
ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Mata
pelajaran fisika adalah Salah satu mata pelajaran di sekolah yang seringkali
dianggap sulit oleh siswa.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran
fisika di SMAN 3 Jember, diketahui bahwa sekolah telah menerapkan kurikulum
2013 dalam pembelajaran. Pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum
2013 yaitu pembelajran dimana guru hanya sebagai fasilitator dan siswa yang
lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi
kelas secara acak di SMA Negeri 3 Jember, 90% siswa mengatakan bahwa mata
pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang sulit dipelajari. Siswa kesulitan
untuk menentukan konsep apa yang seharusnya dipakai dalam mengerjakan suatu
soal. Sehingga ketika disediakan soal dalam bentuk yang lain, siswa merasa
kebingungan dengan konsep yang harus dipakai untuk menyelesaikan soal
tersebut. Selain itu, siswa masih kurang memahami tentang penerapan ilmu fisika
dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang membuat siswa merasa bosan dan
tidak tertarik untuk mempelajari ilmu fisika. Untuk mengatasi masalah tersebut,
diperlukan inovasi dalam penyusunan perangkat pembelajaran, salah satunya
dengan mengembangkan modul berbasis problem based learning disertai concept
mapping pada pembelajaran fisika pokok bahasan alat optik