Determinan Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Nilai perusahaan merupakan refleksi penilaian oleh publik terhadap
kinerja perusahaan secara riil terlihat dari harga saham, sehingga mampu
mempengaruhi persepsi para investor terhadap tingkat keberhasilan suatu
perusahaan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis bahwa leverage, IOS
(Investment Opportunity Set), likuiditas, profitabilitas, pembagian dividen dan
ukuran perusahaan merupakan determinan nilai perusahaan perusahaan
manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2017.
Penelitian ini tergolong dalam explanatory research. Populasi yang digunakan
adalah seluruh perusahaan manufaktur dengan pengambilan sampel purposive
sampling untuk mendapatkan sampel yang dapat mewakili kriteria penelitian
sehingga diperoleh 41 perusahaan yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Dari hasil
analisis, maka diperoleh bahwa leverage memiliki pengaruh negatif dan signifikan
terhadap determinan nilai perusahaan. IOS (Investment Opportunity Set),
profitabilitas, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap nilai perusahaan, sedangkan pada likuiditas dan pembagian dividen
menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap nilai perusahaan
manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013-2017.