PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN INTERPRETATIF MELALUI TEKNIK SQ3R ( SISWA KELAS IV SDN TEGALGEDE 01 JEMBER SISWA KELAS IV SDN TEGALGEDE 01 JEMBER SISWA KELAS IV SDN TEGALGEDE 01 JEMBE
Abstract
Membaca pemahaman merupakan kegiatan membaca yang diterapkan mulai di
kelas IV Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi, dimulai dengan membaca sekilas atau
keseluruhan bacaan, menjawab pertanyaan, menentukan ide pokok tiap paragraf dan
menyimpulkan bacaan. Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran membaca pemahaman
kelas 4 di SDN Tegalgede 01 tahun pelajaran 2012-2013, kemampuan membaca
pemahaman siswa sangat rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam membuat dan
menjawab pertanyaan serta menentukan ide pokok tiap paragraf. Rendahnya kemampuan
siswa dalam membaca pemahaman tersebut disebabkan oleh sikap pasif siswa yaitu minat
baca siswa masih rendah karena tidak adanya motivasi intrinsik dalam membaca dan
kurang sesuainya teknik yang diterapkan guru dengan kondisi siswa dalam pembelajaran.
Teknik SQ3R
Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu
bagaimanakah penerapan teknik SQ3R
viii
siswa kelas 4 SDN Tegalgede 01 setelah menggunakan teknik SQ3R
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat diambil beberapa
kesimpulan ”Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Teknik SQ3R
Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan teknik SQ3R