• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Indonesia Untuk Internasionalisasi Kopi

    Thumbnail
    View/Open
    Reni Novitasari-130910101019 #.pdf (2.158Mb)
    Date
    2019-09-23
    Author
    Novitasari, Reni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indonesia merupakan negara produsen kopi yang berada di peringkat ke empat dunia. Kopi yang dihasilkan di negara ini juga memiliki varietas terbanyak, dengan jumlah kurang lebih 100 jenis. Lingkungan geografis yang berada di garis khatulistiwa mendukung tumbuhnya kopi sekaligus ketinggian dataran yang ada, melahirkan kopi dengan cita rasa yang unik dari seluruh pelosok daerah di Indonesia. Budaya sekaligus tren mengkonsumsi kopi saat ini sedang populer dan masing-masing negara produsen kopi berlomba untuk memperebutkan minat konsumen demi meningkatkan ekspor sekaligus keuntungan negaranya. Pesaing utama Indonesia yakni Brazil, Vietnam dan Kolombia. Dalam sejarahnya, Indonesia pernah menduduki peringkat ke dua dunia sebagai negara produsen kopi di tahun 2013, namun di tahun selanjutnya menurun kembali berada di peringkat ke empat. Terdapat berbagai alasan atas keberhasilan dan turunya hasil produksi kopi di Indonesia tersebut. Dalam memperebutkan minat produsen di pasar internasional, pemerintah menyadari bahwa diperlukan sebuah kerangka strategi yang dapat mendukung naiknya volume dan nilai ekspor kopi hasil Indonesia, sekaligus membangun citra bahwa secara kualitas kopi asal negara kita ini unggul. Konsep internasionalisasi merupakan alat analisa yang tepat dalam menghasilkan strategi untuk mempromosikan kopi asal Indonesia. Dasar dari hal tersebut, salah satunya adalah, beberapa varietas kopi khas daerah seperti Aceh Gayo, Bali Kintamani, Java Ijen, Mandhailing, dan lainnya sudah dikenal oleh beberapa konsumen luar negeri, namun mereka tidak mengenal bahwa kopi favoritnya ini merupakan hasil dari tanah Indonesia. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh Indonesia dalam melakukan internasionalisasi kopi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99085
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5610]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository