• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Terhadap Kemampuan Argumentasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMA”

    Thumbnail
    View/Open
    Berliana Oni Imaniar - 160210102083.pdf (2.335Mb)
    Date
    2020-01-17
    Author
    Oni Imaniar, BERLIANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Abad 21 menuntut manusia untuk memperbaiki kualitasnya terutama pendidikan. Kemampuan yang dibutuhkan pada Abad 21 merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya pada kemampuan argumentasi. Kemampuan Argumentasi merupakan kemampuan yang penting dalam pembelajaran sains. Kemampuan argumentasi menuntut siswa untuk memberikan pernyataan yang disertai dengan bukti dan alasan yang logis serta dapat dibuktikan melalui proses sains. Argumentasi merupakan kemampuan yang penting, namun jarang disertakan dalam pembelajaran fisika. Bahkan siswa tidak mengetahui apa yang dimaksud dari kemampuan argumentasi. Beberapa hal tersebut terjadi karena guru kurang mengenal model pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam berargumentasi serta meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Berdasakan permasalahan tersebut, model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Tujuan dari penelitian ini, yaitu mengkaji pengaruh model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan argumentasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di salah satu SMA Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain pre-test and post-test control group. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan observasi. Tes dilakukan dengan pre-test dan post-test, lalu untuk observasi dilakukan oleh observer untuk mengamati keterlaksanaan dari pembelajaran dari model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI). Analisis data dilakukan uji normalitas dan uji t-test menggunakan bantuan SPSS 23. Berdasarkan Uji t-test menggunakan uji Mann-Whitney U pada kemampuan argumentasi siswa didapatkan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,00. Dari hasil tersebut terlihat jika signifikansi dari kelas eksperimen dan kontrol yaitu (signifikansi) , maka H0 (kemampuan argumentasi kelas eksperimen tidak berbeda secara signifikan dengan kemampuan argumentasi kelas kontrol) ditolak, artinya kemampuan argumentasi kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kemampuan argumentasi kelas kontrol. Berdasarkan Uji t-test menggunakan uji Mann-Whitney U pada hasil belajar siswa didapatkan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,00. Dari hasil tersebut terlihat jika signifikansi dari kelas eksperimen dan kontrol yaitu (signifikansi) , maka H0 (hasil belajar kelas eksperimen tidak berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kelas kontrol) ditolak, artinya hasil belajar kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan argumentasi siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98990
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15444]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository